KPU Barsel laksanakan simulasi pemungutan suara di Hilir Sper

id pemkab barito selatan, kpu barito selatan, simulasi pemungutan suara, buntok, barsel, barito selatan, pemilu 2024

KPU Barsel laksanakan simulasi pemungutan suara di Hilir Sper

Pemilih pada TPS-9 Kelurahan Hilir Sper, Kecamatan Dusun Selatan saat mengikuti simulasi pemungutan suara, Rabu (31/1/2024).  (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara dalam gelaran Pemilihan Umum 2024.
 
Anggota KPU Kalteng, Harmain di Buntok, Rabu, mengatakan kegiatan simulasi dilaksanakan di beberapa tempat di Kalimantan Tengah yang dimulai dari 31 Januari hingga 3 Februari 2024.
 
"Simulasi pemungutan ini, sama seperti Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024," katanya.
 
Ia mengatakan, untuk di Barito Selatan ini, simulasinya menghadirkan pemilih asli pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) 9 Kelurahan Hilir Sper, Kecamatan Dusun Selatan.
 
Dikatakannya, dalam simulasi ini juga dilakukan penghitungan suara dan penggunaan aplikasi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) mobile.

Baca juga: Sebanyak 5.746 KPM di Barito Selatan dapat bantuan cadangan pangan
 
Ia berharap, melalui simulasi ini nantinya dapat menjadi gambaran bagi masyarakat, terkait bagaimana pelaksanaan hari pemungutan suara pemilu, 14 Februari 2024.
 
Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan mengatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan simulasi yang dilaksanakan KPU kabupaten setempat.
 
"Kita dari jajaran pemerintah kabupaten bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) siap bersinergi membantu menyukseskan pelaksanaan pemilu," ucapnya.
 
Ia mengatakan, dirinya juga sudah menginstruksikan kepada jajaran sampai ke tingkat kecamatan hingga kelurahan dan desa agar membantu tugas-tugas PPK maupun PPS dalam melaksanakan pemilu di Barito Selatan.
 
"Hal itu mengingat, saat ini kita sedang menghadapi bencana banjir, sehingga memerlukan upaya-upaya ekstra agar pelaksanaan pemilu nantinya dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses," terangnya.
 
Selain itu ia juga mengajak masyarakat di daerah ini agar menyalurkan hak pilih sesuai dengan hati nuraninya masing-masing dan itu sudah dijamin oleh undang-undang.
 
Sementara itu, Ketua KPU Barito Selatan, Roslina menyampaikan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, masyarakat bisa melihat dan mengetahui bagaimana proses kegiatan pemungutan suara nantinya.
 
"Melalui kegiatan yang dilaksanakan tersebut, diharapkan pelaksanaan pemilu pada 14 Februari 2024 bisa berjalan dengan tertib, aman dan lancar," harapnya.
 
Simulasi pemungutan suara yang berlangsung di TPS-9 Kelurahan Hilir Sper tersebut dihadiri sejumlah Forkopimda dan perwakilan dari sejumlah partai politik di wilayah setempat.

Baca juga: Legislator Barsel apresiasi langkah cepat pemkab bantu warga terdampak banjir

Baca juga: Pemkab Barsel distribusikan bansos ke sejumlah desa di dua kecamatan

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel kembali salurkan bansos korban banjir di dua desa