Gubernur Kalteng ajak masyarakat sukseskan pemilu sebagai perwujudan nilai demokrasi

id pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, kalteng, kalimantan tengah, pemilu 2024, pesta demokrasi

Gubernur Kalteng ajak masyarakat sukseskan pemilu sebagai perwujudan nilai demokrasi

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran. ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengajak masyarakat untuk bahu-membahu menyukseskan Pemilu 2024 sebagai wujud nilai-nilai demokrasi.

“Pemilu ini merupakan momentum yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, yang merupakan perwujudan nilai-nilai demokrasi, dan juga terutama menentukan arah masa depan bangsa,” tegasnya di Palangka Raya, Minggu.

Ia mengatakan, pemilu yang damai merupakan tugas besar yang membutuhkan peran serta seluruh elemen bangsa, dan pemerintah sendiri juga selalu berkomitmen untuk menjaga perdamaian selama pemilu.

“Bersama kita pastikan pemilu damai bukan sekedar slogan, namun upaya nyata menciptakan suasana kondusif dalam seluruh rangkaian tahapan pemilu,” ajaknya.

Menurutnya, pemilu yang damai merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali. Sehingga diharapkan seluruh elemen yang terlibat melakukan kegiatan kampanye politik yang positif dan sehat.
 
“Kampanye yang dapat mengedukasi masyarakat agar lebih dewasa dalam berpolitik, berpartisipasi aktif dalam menggunakan hak pilih dan mengontrol pemilu agar aman dan damai,” jelasnya.

Baca juga: Pemprov Berikan 3.000 Paket Sembako untuk Membantu Masyarakat Bartim
 
Lebih lanjut gubernur meminta kepada Bupati, Pj Bupati, dan Pj Walikota se-Kalteng untuk benar-benar memastikan kesiapan pemilu, agar tidak terjadi kendala, baik terkait TPS dan PPK serta pendistribusian logistik dan jumlah logistik. , serta lainnya.
 
Hal itu ia sampaikan dalam rangkaian kegiatan Jalan Sehat dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang diselenggarakan Pemprov Kalteng dan dipusatkan di kawasan Bundaran Besar Palangka Raya.
 
Sementara itu, sebagai wujud komitmen, deklarasi pemilu damai juga ditandatangani oleh seluruh perwakilan organisasi pemuda, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi keagamaan.
 
Penandatanganan ini juga diikuti oleh kabupaten/kota di Kalteng, serta lainnya. Rangkaian kegiatan ditutup dengan pemungutan hadiah jalan sehat antara lain 20 paket umroh dan ziarah rohani dari gubernur, enam unit sepeda listrik, dan lain-lain.
 

Baca Juga: Pemprov Kalteng Berikan Sembako Murah Bagi Masyarakat di Barito Selatan

Baca Juga: Gubernur Kalteng Serahkan Bantuan ke Masjid Ar Rahman Jihi Bartim

Baca Juga: Serahkan Bantuan Warga, Pemprov Kalteng Menyusuri Bantaran Sungai di Bartim wilayah Barito DAS