Bupati Kotim ajak masyarakat tetap jaga kondusivitas sikapi hasil pemilu

id Bupati Kotim ajak masyarakat tetap jaga kondusivitassikapi hasil pemilu, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, Halikinnor, Pemilu

Bupati Kotim ajak masyarakat tetap jaga kondusivitas sikapi hasil pemilu

Bupati Kotim Halikinnor ketika menyambangi lokasi rekapitulasi hasil pemungutan suara di PPK Baamang, Senin (19/2/2024). ANTARA/HO-Ajudan Bupati Kotim

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor mengajak masyarakat untuk menerima apapun hasil akhir Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nantinya dengan hati yang lapang demi menjaga kondusivitas daerah.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Pemilu sejauh ini berjalan kondusif. Mudah-mudahan setelah ini pun tetap begitu. Siapapun yang terpilih itulah pilihan rakyat yang harus kita terima,” kata Halikinnor di Sampit, Senin.

Puncak Pemilu 2024 telah berlalu dengan dilaksanakannya pemungutan suara serentak dan kini mencapai tahap rekapitulasi hasil pemungutan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

Sejauh ini pelaksanaan pesta demokrasi di Kotim berjalan lancar, aman, dan damai. Meskipun, tak bisa dipungkiri masih ada perdebatan mengenai hasil pemungutan suara. Kondisi seperti ini dikhawatirkan dapat menimbulkan gejolak yang mengganggu kondusivitas daerah.

Oleh sebab itu, Halikinnor mengajak masyarakat agar legowo menerima hasil pemilu, agar jangan sampai hanya karena agenda rutin yang digelar setiap lima tahun sekali ini justru memicu perpecahan antar sesama.

“Namanya agenda lima tahunan demokrasi ya begitu. Kita berdoa semoga setelah pencoblosan kemarin berjalan lancar, aman dan kondusif, tahapan setelahnya juga begitu,” ucapnya.

Baca juga: Lapas Sampit sesak, 25 narapidana dipindah ke Rutan Tamiang Layang

Halikinnor juga menyempatkan diri meninjau pelaksanaan rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang.

Berdasarkan peninjauannya proses rekapitulasi berjalan lancar dan sesuai ketentuan, terlebih kegiatan ini mendapat pendampingan langsung dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi maupun Kabupaten, serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten.

“Salah satunya saya memantau di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, diasan ada 272 TPS, sehingga PPK membagi rekapitulasi di tiga titik untuk mempermudah, sehingga diharapkan kegiatan ini bisa selesai tepat waktu,” tuturnya.

Tak lupa Halikinnor mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada setiap pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Khususnya, bagi para petugas PPK yang saat ini berjibaku dalam melaksanakan rekapitulasi hasil pemungutan suara.

Orang nomor satu di Kotim itu juga mengingatkan agar para petugas PPK selalu menjaga kesehatan dan tidak terlalu memaksakan diri jika sudah kelelahan. Mereka diminta tidak sungkan meminta pertolongan petugas medis apabila mengalami gangguan kesehatan.

“Rekapitulasi suara ini memang penting, tapi jangan sampai mengabaikan kondisi tubuh sendiri. Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi sehingga Pemilu ini berjalan aman dan kondusif,” demikian Halikinnor.

Baca juga: Harga cabai di Sampit melonjak imbas musim hujan

Baca juga: Sejumlah warga di Kotim mengungsi akibat banjir

Baca juga: KPU Kotim laksanakan PSU di TPS 04 Mentaya Seberang