Penjabat Bupati: Raihan piala Adipura jadi kebanggaan Kapuas

id pemkab kapuas, penjabat bupati erlin hardi, kapuas, kuala kapuas, piala adipura kapuas, kebersihan, kota kecil

Penjabat Bupati: Raihan piala Adipura jadi kebanggaan Kapuas

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi, didampingi Sekda Kapuas, Septedy, serta unsur Forkopimda, mengarak piala Adipura keliling Kota Kuala Kapuas, Jumat (8/3/2024). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah membawa piala Adipura yang berhasil diraih untuk kedua kalinya berkeliling Kota Kuala Kapuas, Jumat.
 
Menggunakan mobil bak terbuka, Piala Adipura diarak dan dibawa langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi bersama unsur Forkopimda dan Sekda Septedy.
 
"Alhamdulillah hari ini kita sudah mengarak piala Adipura keliling kota. Ini mengartikan Kapuas beberapa hari lalu mendapat penghargaan Adipura untuk kategori kota kecil," kata Erlin Hardi.
 
Dalam kegiatan tersebut juga turut diikuti rombongan dari sejumlah kepala perangkat daerah, termasuk para petugas kebersihan dan lainnya.
 
Menurutnya, penghargaan ini menjadi kebanggaan bersama, khususnya masyarakat Kapuas. Sebab, jalinan kerja sama yang solid antara pemerintah daerah, petugas kebersihan serta pemangku kepentingan lainnya mampu menghasilkan penghargaan tersebut.
 
"Dimana kita mampu untuk meraih piala Adipura kedua kalinya. Kita juga harapkan dengan adanya penghargaan ini menjadi salah satu bentuk komitmen dalam memelihara lingkungan dan kebersihan," demikian Erlin Hardi.

Baca juga: DPRD Kapuas apresiasi keberhasilan meraih piala Adipura
 
Adapun dalam arak-arakan piala Adipura, mengambil rute yang dimulai dari Stadion Panunjung Tarung Kota Kuala Kapuas, bergerak melewati Jalan Patih Rumbih - Tambun Bungai - Pemuda - Bundaran Besar - kembali ke Jalan Pemuda - simpang Tugu Adipura - Jalan Tjilik Riwut - Jalan Barito - Teratai - A Yani - kembali ke Jalan Tambun Bungai - Jalan Maluku dan Finis di Stadion Panunjung Tarung kembali. 
 
Adipura merupakan salah satu program yang dirancang Kementerian Lingkungan Hidup untuk membantu pemerintah daerah baik kota, kabupaten, maupun provinsi meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya dalam rangka mencapai Tata Praja Lingkungan.
 
Kuala Kapuas sendiri meraih piala Adipura pertamanya pada 2017. Setelah absen dalam beberapa tahun, akhirnya Kapuas kembali berhasil meraih piala Adipura pada penilaian 2023 untuk kategori kota kecil. 

Baca juga: DPMD Kapuas gelar rapat sinkronisasi penguatan P3MD

Baca juga: Kapuas sukses meraih piala Adipura kategori kota kecil

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan salurkan santuan JKM kepada ahli waris pekerja rentan