Indonesia vs Uzbekistan 0-0 pada babak pertama

id Indonesia vs Uzbekistan,Muhammad Ferarri,Kalteng,Piala Asia U-23 2024,Qatar

Indonesia vs Uzbekistan 0-0 pada babak pertama

Uzbekistan's defender Alibek Davronov (C) and Indonesia's defender Muhammad Ferarri (front) vie for the ball during the U23 AFC Qatar 2024 Asian Cup semi-final match between Indonesia and Uzbekistan at Abdullah Bin Khalifa Stadium in Doha on April 29, 2024. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia U-23 sementara menahan imbang 0-0 Uzbekistan U-23 pada babak pertama laga semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin.

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong melakukan tiga perubahan dalam 11 pemain pertamanya dari starting line up laga perempat final melawan Korea Selatan Jumat pekan lalu.

Ramadhan Sananta masuk menggantikan Rafael Struick yang absen karena akumulasi kartu kuning. Muhammad Ferarri dan Fajar Fathurrahman masuk mengisi posisi yang sebelumnya diisi Komang Teguh dan Rio Fahmi.

Uzbekistan yang melalui laju sempurna dalam Piala Asia U-23 2024 memulai laga dengan mendikte permainan sejak menit awal. 

Bola dari kaki ke kaki menjadi ciri khas permainan sang juara edisi 2018 dengan diawali tembakan 'selamat datang' yang dilesatkan Abbosbek Fayzullaev pada menit ke-4 yang melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Empat menit kemudian, pemain Uzbekistan lolos dari kawalan dan masuk kotak penalti Indonesia. Namun, umpan tarik yang dilepaskan untuk mencari gol pertama dipatahkan dengan cermat oleh kapten tim Indonesia Rizky Ridho.

Pada menit ke-12, Alisher Odilov menciptakan peluang gol kembali untuk Uzbekistan. Berawal dari serangan cepat Ulugbek Khoshimov, pemain bernomor punggung 9 itu mengirimkan umpan kepada Odilov yang berlari di antara kawalan bek Indonesia.

Sang striker tanpa lama berpikir di kotak penalti setelah menerima umpan. Namun, tendangannya masih menyamping dari gawang Ernando Ari.

Satu menit setelah peluang itu, Indonesia yang kesulitan pada menit-menit awal, memperoleh peluang pertama ketika Witan Sulaeman melalui serangan balik mampu menembus kotak penalti Uzbekistan.

Namun, tak adanya dukungan dari rekannya membuat peluang yang dibangun Witan sirna dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Khoshimov menjadi momok bagi Indonesia di mana pada menit ke-18, ia kembali mendapatkan ruang untuk mencetak gol yang beruntung masih tipis di sisi kiri gawang Ernando.

Uzbekistan semakin dekat untuk membobol gawang Indonesia di mana pada menit ke-29, tendangan jarak jauh kaki kanan Abdurauf Buriev gagal diamankan Ernando, namun beruntung digagalkan mistar gawang.

Dalam 15 menit terakhir babak pertama, Uzbekistan masih dominan, tapi tak ada gol yang mereka ciptakan, dengan pergerakan-pergerakan mereka yang dihentikan trio bek Indonesia, Rizky Ridho, Ferarri, dan Pratama Arhan.

Ini menjadi pertama kalinya Uzbekistan gagal mencetak gol pada babak pertama Piala Asia U-23 2024 setelah empat laga sebelumnya setidaknya selalu mencetak satu gol.

Untuk Garuda Muda, pada akhir-akhir babak pertama perlahan mulai mendapatkan sentuhannya, termasuk beberapa kali peluang yang dihasilkan lemparan ke dalam Pratama Arhan yang masih jauh dari kata membahayakan gawang Uzbekistan yang dikawal kiper Abduvakhid Nematov.

Babak pertama pun berakhir imbang dengan skor kacamata 0-0.

Susunan pemain Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23:

Indonesia: Ernando Ari, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, Fajar Fathurraham, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta.
Pelatih: Shin Tae-yong.

Uzbekistan: Abduvakhid Nematov, Zafarmurod Abdirakhmatov, Abdukodir Khusanov, Hojimat Erkinov, Ulugbek Khoshimov, Abbosbek Fayzullaev, Umarali Rakhmonaliev, Rakhimjonov Asadbek, Alibek Davronov, Alisher Odilov, Abdurauf Buriev.
Pelatih: Timur Kapadze.