Organisasi keagamaan di Kapuas diminta tingkatkan pembinaan umat

id Organisasi keagamaan di Kapuas dimintatingkatkan pembinaan umat, kalteng, kapuas, keagamaan

Organisasi keagamaan di Kapuas diminta tingkatkan pembinaan umat

Foto bersama pada acara halalbihalal gabungan FKUB, LPTQ dan LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas di Aula Rapat Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Sabtu (11/5/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Septedy, minta keberadaan organisasi khususnya bidang keagamaan tidak hanya sekadar untuk memperkuat dan melestarikan yang sudah ada, tetapi mampu meningkatkan pembinaan umat.

“Harus mampu melahirkan gagasan-gagasan dan langkah baru dalam memajukan dan meningkatkan berbagai aspek yang terikat dengan organisasi,” kata Sekda Septedy di Kuala Kapuas, Sabtu.

Hal itu disampaikannya, saat membacakan sambutan tertulis Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, dalam acara halalbihalal gabungan dari tiga organisasi yakni Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas, di Aula Rapat Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

Melalui program-program yang telah disusun inilah, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan beragama. Keberadaan organisasi keagamaan juga menjadi jembatan dalam menyerap aspirasi di tengah masyarakat.

Baca juga: Kebakaran kembali terjadi, warga Kapuas diminta tingkatkan kewaspadaan

“Oleh karena itu Pemkab Kapuas berharap kepada seluruh organisasi keagamaan untuk semakin inovatif dalam menjalankan tugas dan fungsinya, demi mendorong umat agar selalu lebih dekat dengan satu dan lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ sekaligus LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan, terlaksananya halalbihalal gabungan ini dikarenakan adanya kesamaan dari tema Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun ke-73 Pemkab Kapuas tahun 2024, dengan mengusung tema yakni ‘Hinje Mamangun Kapuas’.

“Dimana kami melihat adanya suatu kebersamaan di dalam hal tersebut sehingga terwujudlah kegiatan Halal Bihalal gabungan dari ketiga organisasi kali ini yang mengangkat tema Mewujudkan Kebersamaan yang Harmonis Untuk Meraih Kesuksesan,” demikian Suwarno Muriyat.

Sementara dalam kegiatan Halal Bihalal ini juga diisi dengan tausiyah oleh Ketua FKUB Kapuas KH Muchtar Ruslan dan doa bersama lintas agama. Kemudian dirangkai pula dengan pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD LASQI Nusantara Jaya kabupaten setempat, yang mana dilakukan penyerahan secara simbolis seperangkat alat rebana dan kain kepada 17 kecamatan di Kapuas.

Baca juga: Percasi Kapuas diminta sosialisasikan catur kepada pelajar

Baca juga: Ketua KNPI Kalteng daftar ke DPD PDIP sebagai Bacalon Bupati Kapuas

Baca juga: 10 penguji kendaraan bermotor dikenakan sanksi karena langgar kode etik