Pemkab Barito Utara salurkan bantuan korban kebakaran di Datai Nirui

id bantuan kebakaran datai nirui,dinas sosial pmd,barito utara,kalteng,bantuan kebakaran

Pemkab Barito Utara salurkan bantuan korban kebakaran di Datai Nirui

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial PMD Barito Utara, Mujiburrahman menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Desa Datai Nirui, Kamis (16/5/2024).ANTARA/HO-Dinsospmd Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang mengalami musibah kebakaran yang terjadi di Desa Datai Nirui atau kilometer 55 Kecamatan Teweh Tengah.

"Bantuan yang diserahkan ini adalah merupakan bentuk perhatian dari pemerintah daerah terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Utara Suparmi Aspian di Muara Teweh, Kamis. 

Musibah kebakaran ini terjadi pada Sabtu (4/5) pukul 09.51 WIB yang menghanguskan bagian belakang rumah perkiraan luas 8x6 meter, yang dihuni oleh satu kepala keluarga dengan 4 jiwa dan pemadaman dilaksanakan Damkar dan BPBD Kabupaten Barito Utara.

Menurut dia, kebakaran adalah musibah yang bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan pada siapa saja. Dan untuk meringankan beban yang dialami masyarakat maka kehadiran pemerintah sangatlah dibutuhkan,” katanya.

Pemerintah daerah berharap bantuan yang diserahkan tersebut jangan dilihat dari nilainya namun hal ini merupakan bentuk nyata simpati dan empati pemerintah daerah. 

"Kita juga berharap semoga masyarakat yang tertimpa musibah bisa kembali menjalankan aktivitasnya seperti biasa,” kata dia.

Suparmi juga mengimbau kepada masyarakat agar menjaga lingkungannya masing-masing dan selalu waspada pada hal-hal yang biasa kita anggap sepele seperti penggunaan kompor dan pemanfaatan instalasi listrik.

Baca juga: Ketua DPRD Barut minta JCH jaga kesehatan selama menjalani ibadah haji

Sinto kepala keluarga yang mengalami musibah kebakaran mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan perhatian kepada warga di desa Datai Nirui. 

“Bantun ini sangat bermanfaat untuk mengurangi beban yang kami alami dan memberikan semangat baru bagi kami untuk bekerja dan beraktivitas,” kata dia.

Bantuan yang diserahkan tersebut dari Pemkab Barito Utara berupa sembako dan peralatan rumah tangga dari Kementerian Sosial Republik Indonesia diwakili oleh Mujiburrahman Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas SOSPMD Barito Utara.

Baca juga: Ketua DPRD Barut ajak masyarakat ikut berperan kurangi stunting

Baca juga: Pj Bupati Barut terima penghargaan dari Menteri Dikbudristek

Baca juga: Pemkab Barut rakor optimalisasi lahan rawa dan pertambahan areal tanam