Talenta muda siap bertarung di Pilkada Kotim 2024

id pilkada Kotawaringin Timur, pilkada kotim, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotim, Kalimantan Tengah, calon bupati Kotawaringin Timur, Selvia Sarah

Talenta muda siap bertarung di Pilkada Kotim 2024

Politikus muda Selvia Sarah menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon bupati ke PDIP Kotim untuk persiapan Pilkada 2024, Jumat (24/5/2024). ANTARA/HO-Normansyah.

Sampit (ANTARA) - Seorang talenta muda asal di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Selvia Sarah, menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai bakal calon bupati (bacabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Sebagai bentuk keseriusan maju di Pilkada Kotim, saya sudah mendaftar ke beberapa partai. Tekad itu untuk membuat Kotim lebih maju lagi," kata Selvia di Sampit, Jumat.

Guna memperkuat dukungannya dalam Pilkada 2024, wanita berusia 24 tahun ini mengaku telah mendaftar ke sejumlah partai politik (parpol) untuk menjalin koalisi. Salah satunya adalah DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kotim.

Berpartisipasi dalam pemilihan umum bukan hal baru baginya, sebelumnya Selvia sempat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di DPRD Kotim untuk daerah pemilihan (Dapil) I pada Pileg 2024, meskipun belum berhasil duduk di kursi dewan.

Dengan pengalaman tersebut, dirinya pun tak ragu untuk kembali berpartisipasi dalam Pilkada 2024. Terlebih menurutnya telah banyak karya yang ditorehkan, sehingga hal itu memperkuat tekadnya untuk membawa Kotim lebih maju lagi.

"Saya optimis mendaftar calon bupati, karena sebelumnya sudah pernah mendaftar Pileg. Saya juga mendapat dorongan dari banyak pihak, terutama orang tua dan keluarga, serta Partai Demokrat yang menaungi saya," ucapnya.

Keberanian Selvia maju berkompetisi dalam Pilkada 2024 sekaligus mewakili kalangan milenial atau generasi muda saat ini. Sebab, menurutnya generasi milenial harus lebih melek dan memperhatikan isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat.

Dirinya bahkan pun tak gentar meski harus bersaing dengan para tokoh senior, baik itu dari sesama politikus maupun birokrasi.

"Saya siap bersaing dengan tokoh-tokoh senior. Kalau tidak, saya tidak akan mendaftar ke PDIP hari ini," ujarnya.

Ketika ditanya tentang bakal calon wakil bupati (bacawabup) yang mendampinginya, Selvia menyebutkan ada beberapa kandidat, namun pasti akan diseleksi terlebih dahulu

Selain itu, perlu ada rekomendasi dari parpol dan dirinya untuk menentukan kandidat yang paling potensial dan memiliki kredibilitas yang bagus.

Sementara itu, terkait pembangunan di Kotim sejauh ini menurutnya masih banyak yang perlu diperbaiki, meskipun tidak dikatakan buruk. Beberapa hal yang menjadi perhatiannya ketika mengikuti kontestasi Pileg beberapa waktu lalu adalah masih banyak jalan yang rusak dan berlubang, serta penerangan jalan yang kurang.

Baca juga: Siap maju Pilkada Kotim, Jhon Krisli daftar ke PDIP

"Infrastruktur itu perlu ditingkatkan lagi untuk kenyamanan masyarakat," demikian Selvia.

Wakil Sekretaris Bidang Internal DPC PDIP Kotim, Muhammad Romi menyambut hangat kedatangan Selvia dan rombongan untuk menyerahkan berkas pendaftaran kepada Tim penjaringan  bakal calon bupati dan wakil bupati PDIP Kotim.

"Romi pun mengapresiasi semangat dan keberanian Selvia untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024 dan berharap hal ini bisa menginspirasi kalangan muda lainnya di Kotim.

"Ini contoh yang baik bagi anak muda. Kami mengajak kalangan muda di Kotim untuk terjun berpolitik, karena politik itu menyenangkan," demikian Romi.

Baca juga: Halikinnor minta dukungan Gerindra perkuat langkah di pilkada

Baca juga: Siap hadapi pilkada, Irawati sudah mendaftar di lima parpol

Baca juga: Halikinnor santai tanggapi langkah Irawati mendaftar ke sejumlah parpol