Juara umum FBIM, Barut dapat dana hibah pembangunan Rp25 miliar

id barito utara juara umum fbim,fbim,juara umum,barut,barito utara,kalteng

Juara umum FBIM, Barut dapat dana hibah pembangunan Rp25 miliar

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyerahkan piala bergilir kepada Pj Bupati Barito Utara Muhlis pada penutupan FBIM 2024 di halaman Indoor Serbaguna Jalan TJilik Riwut Km 5 Palangka Raya, Jumat (24/5/2024) malam.ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Kabupaten Barito Utara (Barut) berhasil meraih juara umum pada Festival Budaya Isen Mulang 2024, yang resmi ditutup Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di halaman Indoor Serbaguna Jalan Tjilik Riwut Km 5 Palangka Raya,Jumat malam. 
 
Kabupaten Barito Utara meraih medali emas terbanyak pada sembilan cabang lomba, dan berhak mendapat piala bergilir dan uang pembinaan sebesar Rp100 juta dan ditambah lagi hibah pembangunan dengan nilai Rp25 miliar dari Pemprov Kalteng.

Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis mengapresiasi setinggi-tingginya kepada atlet, seniman, ofisial dan pendamping serta seluruh kontingen Barito Utara yang telah berjuang dalam semua cabang lomba FBIM 2024 ini sehingga mengharumkan nama Barito Utara dengan meraih gelar juara umum.

"Terima kasih,  selamat dan sukses, semoga apa yang diraih hari ini menjadi penyemangat untuk berkontribusi lebih besar lagi dalam bidang budaya dan kepariwisataan agar Barito Utara semakin berkembang dan semakin dikenal baik di kancah nasional maupun mancanegara, yang nantinya juga akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat," kata Muhlis.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara Annisa Cahyawati mengatakan pemerintah daerah mengirimkan kontingen FBIM 2024 dengan jumlah 233 orang yang merupakan putra putri terbaik Barito Utara dan terbagi dalam 26 cabang lomba baik putra maupun putri.

Baca juga: Ketua DPRD Barut apresiasi empat bahasa daerah jadi mulok sekolah

Adapun hasil perolehan medali untuk kontingen Kabupaten Barito Utara pada FBIM 2024 di Palangka Raya yaitu juara 1 Lomba Dayung Putra Dan Putri, juara 1 Lomba Besei Kambe Putri, juara 1 Lomba Lagu Daerah Putra dan putri, juara 1 Sepak Sawut, juara 1 Balogo Putri, juara 1 Manyipet Putri, juara 1 Mangaruhi Putra.

Kemudian juara 2 Perahu Hias, juara 2 Jagau Pariwisata Kalteng, juara 2 Bawi Nyai Pariwisata Kalteng, juara 2 Tari Pedalaman, juara 2 Besei Kambe Putra, juara 2 Habayang /Bagasing Putri, juara 3 Mangenta, juara 3 Manetek Maneweng Manyila Kayu, juara 3 Manyipet Putra, juara 4 Sukup Simpan, juara 4 Malamang, juara 5 Tari Pesisir, juara 5 Mangaruhi Putri, serta Penata Rias Busana Terbaik Tari Pedalaman.

"Semoga hasil terbaik ini dapat meningkatkan peranan bidang budaya dan pariwisata di daerah ini," kata Annisa Cahyawati.

Baca juga: Pemkab Barut ikuti pameran inovasi penurunan stunting se-Kalteng

Baca juga: Pemkab Barut berikan pembekalan bagi peserta pemagangan dalam negeri

Baca juga: Empat bahasa lokal di Barut dipertimbangkan jadi muatan lokal sekolah