Sudah 10 tokoh minta dukungan NasDem untuk Pilkada Kotim

id Sudah 10 tokoh minta dukungan NasDem untukPilkada Kotim, kalteng, pilkada kotim, pilkada, pemilu, politik

Sudah 10 tokoh minta dukungan NasDem untuk Pilkada Kotim

Salah satu kandidat Cabup dan Cawabup Kotim pada Pilkada 2024, Irawati menyerahkan berkas pendaftaran kepada Partai Nasdem, Selasa (14/5/2024). ANTARA/Devita Maulina. 

Sampit (ANTARA) - Sebanyak 10 tokoh sudah mendaftar ke DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah untuk mendapat dukungan sebagai bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati (Cabup-Cawabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“Sampai 25 Mei kemarin sudah ada 10 orang yang mendaftar melalui Partai NasDem. Sebenarnya yang mengambil formulir banyak, tapi yang mengembalikan baru itu,” kata Sekretaris DPD Partai NasDem Kotim Tajudinnor di Sampit, Minggu.

Tajudin menyebutkan, beberapa di antara deretan kandidat tersebut merupakan nama-nama beken yang pernah menghiasi kontestasi politik di wilayah Kotim, namun ada pula pendatang baru.

Berikut rincian nama kandidat bakal cabup dan cawabup Kotim yang mendaftar ke Partai Nasdem hingga 25 Mei 2024, Muhammad Rudini Darwan Ali mantan anggota DPRD Kotim periode 2014-2019 mendaftar bakal cabup, tokoh masyarakat Sidi Ihsan Nur mendaftar bakal cabup, Sekda Kotim Fajrurrahman mendaftar bakal cabup maupun cawabup.

Berikutnya, Wakil Bupati Kotim yang masih menjabat Irawati mendaftar bakal cabup maupun cawabup, Ketua Kadin Kalteng Rahmat Nasution Hamka yang mendaftar melalui DPW Partai NasDem Kalteng mendaftar sebagai cabup, tokoh agama Said Ahmad Al Habsyi mendaftar sebagai cabup 

Lalu, mantan Kades Ujung Pandaran Aswin Nur mendaftar bakal cawabup, Machmoer mendaftar bakal cabup maupun cawabup, mantan Ketua DPRD Kotim dua periode Jhon Krisli mendaftar bakal cabup maupun cawabup dan terakhir Camat Parenggean Siyono mendaftar bakal cawabup. 

Jumlah ini kemungkinan masih bertambah karena Tim Penjaringan Bakal Cabup dan Cawabup DPD Partai NasDem Kotim masih membuka pendaftaran sampai 29 Mei 2024

Baca juga: Ketua KPU Kotim ingatkan PPS pahami regulasi dengan baik

“Menurut pandangan kami kesepuluh kandidat ini memiliki peluang yang sama, tapi yang memutuskan atau memberikan rekomendasi adalah pusat. Kami di kabupaten hanya mengumpulkan berkas dan menyampaikan paparan sesuai biodata yang masuk,” jelasnya.

Tajudin melanjutkan, sebenarnya pendaftaran atau penjaringan bakal  Cabup dan Cawabup Partai NasDem berakhir pada 7 Mei 2024 lalu dan hasil pleno DPW Partai NasDem Kalteng pun telah diserahkan ke DPP Partai NasDem.

Namun, karena masih ada peminat yang ingin mendaftar melalui Partai NasDem, maka pihaknya pun menyampaikan usulan perpanjangan waktu penjaringan dan mendapat persetujuan oleh DPW Partai NasDem Kalteng dengan ketentuan batas akhir penjaringan pada 29 Mei 2024.

“Harapan kami dengan diperpanjangnya waktu pendaftaran ini bisa memberi peluang bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi sebagai Cabup dan Cawabup di Pilkada November 2024 nanti,” ucapnya.

Tajudin pun mengaku bersyukur karena jumlah kandidat yang mendaftar melalui Partai NasDem terbilang tinggi. Walaupun, jumlah kursi DPRD Kotim yang berhasil diraih Partai NasDem pada Pileg 2024 berkurang dua kursi dari yang sebelumnya empat kursi, namun masih cukup diminati.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan kepada Partai NasDem, sekaligus untuk bisa meramaikan bursa pencalonan pada Pilkada kita di Kotim,” demikian Tajudinnor.

Baca juga: Bawa aspirasi wilayah utara Kotim, Siyono mendaftar bakal cawabup

Baca juga: Jhon Krisli daftarkan diri ke sejumlah parpol

Baca juga: Talenta muda siap bertarung di Pilkada Kotim 2024