DPRD Kalteng minta pemda lakukan langkah strategis tingkatkan PAD

id Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah, Yohannes Freddy Ering, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, freddy ering

DPRD Kalteng minta pemda lakukan langkah strategis tingkatkan PAD

Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Yohannes Freddy Ering. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Yohannes Freddy Ering mendorong sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar terus berupaya dan melakukan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Permintaan tersebut karena daerah ini kaya akan sumber daya alam (SDA) dan berbagai potensi ekonomi lainnya yang dapat terus dioptimalkan dalam meningkatkan PAD, kata Freddy Ering di Palangka Raya, Selasa.

"Jangan hanya terfokus pada target PAD, tetapi harus bisa melampauinya. Dengan begitu, anggaran untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat semakin besar," ucapnya.

Selain meningkatkan PAD, Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu juga berharap pemda di daerah ini bisa lebih transparan dalam melajukan penyerapan. Sebab, melalui transparan itu, berbagai elemen masyarakat di provinsi ini lebih terlibat dalam melakukan pengawasan.

Freddy Ering mengatakan peningkatan kerjasama dengan sektor swasta, serta pengelolaan SDA yang terencana, komprehensif dan berkelanjutan juga perlu mendapatkan perhatian serius dari pemda se-Kalteng.

"Dengan pendekatan itu, tentunya PAD dapat meningkat secara signifikan untuk mendukung pembangunan infrastruktur, layanan publik, dan program kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng: WTP ke-10 bukti pemprov pegang teguh prinsip good governance

Meski begitu, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu tetap mengapresiasi upaya pemda, terutama pemprov yang selama ini terus berupaya meningkatkan PAD dan mulai membuahkan hasil secara signifikan.

Untuk itu, dirinya pun berharap pencapaian tersebut bisa dipertahankan serta ditingkatkan, dan Komisi I DPRD Kalteng selaku yang membidangi keuangan dan pemerintahan, akan terus mengawal dan mengawasi implementasi kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan PAD.

"Sinergi legislatif dengan eksekutif tentunya sebagai salah satu upaya memaksimalkan PAD dari sektor-sektor strategis, sehingga dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi pembangunan di Kalteng," demikian Freddy Ering.

Baca juga: Pelaku UMKM Kalteng harus manfaatkan berbagai kegiatan perkenalkan produknya

Baca juga: Pemda se-Kalteng diminta terus tingkatkan literasi digital ke masyarakat

Baca juga: Pengembangan pariwisata di Kalteng harus terencana dan berkelanjutan