Pelaku UMKM Kalteng harus manfaatkan berbagai kegiatan perkenalkan produknya

id Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Kalteng, Ina Prayawati, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, DPRD Kalimantan Tengah

Pelaku UMKM Kalteng harus manfaatkan berbagai kegiatan perkenalkan produknya

Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah, Ina Prayawati. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Ina Prayawati mengapresiasi langkah pemerintah provinsi yang melaksanakan berbagai kegiatan atau acara, baik tingkat nasional maupun internasional, karena dapat berdampak positif terhadap perekonomian dan promosi daerah ini.

Berbagai kegiatan tersebut juga menjadi ajang para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mempromosikan produknya kepada masyarakat secara luas, kata Ina Prayawati di Palangka Raya, kemarin.

"Sekarang tinggal bagaimana para pelaku UMKM bisa memanfaatkan berbagai event yang dilaksanakan oleh pemprov," ucapnya.

Dikatakan, Pemprov Kalteng selama bulan Mei 2024 melaksanakan Kalteng Expo, Balap Sepeda Dunia UCI MTB Eliminator World Championship, Festival Budaya Isen Malang (FBIM), serta konser musik papan atas. 

Legislator Kalteng itu mengatakan, semua kegiatan ini menjadi salah satu langkah strategis pemprov dalam mendukung produk unggulan daerah atau lokal. Dengan harapan, mampu bersaing di kancah nasional, bahkan internasional.

Dirinya pun menyakini bahwa semua kegiatan tersebut menjadi peluang besar terutama bagi pelaku UMKM maupun IKM, untuk kemudian eksis memperkenalkan dan memasarkan produk usaha yang dihasilkan.

Baca juga: Pemda se-Kalteng diminta terus tingkatkan literasi digital ke masyarakat

"Dapat menjadi tolak ukur bagi para pelaku UMKM maupun IKM, untuk kemudian mampu bersaing dalam memasarkan produk-produk unggulan yang dihasilkan," kata Ina Prayawati.

Hal itu lah yang mendasari wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya ini, mengajak para pelaku usaha baik UMKM maupun IKM, harus dapat memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai upaya mempromosikan produk usahanya, sekaligus melihat peluang yang lebih luas.

"Event yang digelar ini tentu dapat menjadi sarana interaksi bisnis dan kemitraan antara pelaku usaha, pembeli, dan investor. Di sini lah yang harus bisa di tangkap oleh para pelaku usaha lokal yang ada saat ini," demikian Ina Prayawati.

Baca juga: Pengembangan pariwisata di Kalteng harus terencana dan berkelanjutan

Baca juga: Pemda se-Kalteng diminta lebih perbanyak aksi tangani stunting dan kemiskinan

Baca juga: Strategis tingkatkan literasi di Kalteng, perpustakaan harus terus didukung