Sekda sebut Sampit Expo 2024 dukung kemajuan perekonomian

id pemkab kotim, sampit expo 2024, umkm, perekonomian daerah,kotawaringin timur

Sekda sebut Sampit Expo 2024 dukung kemajuan perekonomian

Sekda Kotim Fajrurrahman dan Ketua Dekranasda Kotim Khairiah mengunjungi stan-stan di Sampit Expo 2024, Sabtu (8/6/2024). (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Sekretaris Daerah (Sekda) Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Fajrurrahman menyebut Sampit Expo 2024 dilaksanakan semata-mata untuk memajukan perekonomian daerah dengan UMKM sebagai penggeraknya.
 
“Nuansa expo tahun ini sangat luar biasa, karena ada sentuhan-sentuhan yang tidak ada dari tahun 2023 lalu. Semua ini semata-mata untuk memajukan perekonomian di Kotim dengan UMKM sebagai penggeraknya,” kata Fajrurrahman di Sampit, Sabtu.
 
Fajrurrahman mewakili Bupati Kotim untuk membuka event Sampit Expo 2024 yang digelar di kawasan Stadion 29 November Sampit. Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Ketua Dekranasda Kotim, Forkopimda dan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) hingga instansi vertikal.
 
Sampit Expo merupakan agenda rutin Pemkab Kotim yang digelar setahun sekali untuk memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha untuk memamerkan dan mempromosikan produk-produk unggulan. Kali ini kegiatan diadakan selama seminggu, yaitu 8-15 juni 2024.
 
Kegiatan ini juga menjadi ajang business matching atau pertemuan bisnis dari produsen dan konsumen, sehingga bisa saling bertukar pengalaman dan ide. 
 
Menurut Fajrurraman, Sampit Expo tahun ini lebih istimewa karena selainjumlah pesertanya lebih banyak juga ada keterlibatan dari beberapa kementerian, antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian. 

Baca juga: Pemkab Kotim berduka kehilangan kepala desa berprestasi
 
Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah pusat memberikan perhatian penuh kepada upaya-upaya yang dilakukan Pemkab Kotim untuk memberdayakan dan memajukan UMKM, 
 
“Kami juga berharap dengan keterlibatan beberapa kementerian ini dapat menginspirasi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan lembaga yang ada guna memajukan usahanya,” imbunya.
 
Fajrurrahman melanjutkan, Sampit Expo 2024 juga menjadi sarana bagi perangkat daerah untuk memperkenalkan pelayanan publiknya lebih jelas kepada masyarakat luas. Instansi yang menjadi peserta pada event ini dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dengan tatap muka langsung yang tidak dibatasi jam kerja biasa seperti di kantor umumnya.
 
Masyarakat pun dapat memanfaatkan Sampit Expo untuk lebih terkoneksi dengan pemerintah daerah, sekaligus menikmati berbagai macam layanan maupun hiburan yang disediakan.
 
“Kami mengapresiasi dan berharap dengan adanya Sampit Expo ini maka perputaran uang bisa lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya dan tak kalah penting keberlanjutan dari event ini atas semua kegiatannya tentunya akan menjadi program-program prioritas Pemkab Kotim kedepannya,” pungkasnya.
 
Sementara itu, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kotim, Zulhaidir menyebutkan Sampit Expo tahun ini diikuti seluruh OPD yang bersifat pelayanan publik, sejumlah instansi vertikal, perusahaan swasta, UMKM hingga pedagang kaki lima.
 
Disamping hal-hal yang telah disampaikan Sekda, Zulhaidir menambahkan bahwa event ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan bangga buatan indonesia dengan membeli produk-produk lokal yang tidak kalah kualitasnya daripada produk impor.
 
“Kami mendorong semua dinas untuk menggunakan produk dalam negeri dan membelinya melalui E-Katalog karena itu instruksi Presiden. Begitu juga masyarakat, dengan kondisi seperti sekarang diharapkan masyarakat lebih banyak membeli produk dalam negeri,” demikian Zulhaidir.
 
Acara yang disebut juga Pekan Investasi Sampit Expo ini dibagi dalam beberapa kelompok, yakni kelompok stan OPD dan instansi vertikal yang dijadikan satu tenda atau roders dengan stan-stan kecil didalamnya berjumlah 39 stan. 
 
Lalu tenda ukuran 5x5 meter untuk berjumlah 20 unit untuk perusahaan swasta, seperti dealer dan distributor. Tenda ukuran 3x3 meter sekitar 53 unit untuk UMKM kuliner, ditambah pasar rakyat yang berlokasi di luar pagar Stadion 29 November Sampit.

Baca juga: Disdik Kotim siapkan inovasi untuk sukseskan Transisi PAUD-SD

Baca juga: Rekrutmen ASN Kotim tunggu hasil verifikasi Kemenpan

Baca juga: Danrem berharap hasil pembangunan TMMD di Kotim terus dipelihara