Disdik Palangka Raya pastikan peserta didik di SD lulus 100 persen

id Disdik Kota Palangka Raya,Palangka Raya ,Kalteng,Lulus Peserta didik SD 100 Persen ,Sekrertaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan

Disdik Palangka Raya pastikan peserta didik di SD lulus 100 persen

Aktivitas di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kota Palangka Raya sedang melaksanakan proses belajar mengajar kepada peserta didiknya di dalam ruang kelas, beberapa waktu lalu. ANTARA/dokumentasi pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memastikan peserta didik di tingkat Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah setempat lulus 100 persen.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Selasa, mengatakan kelulusan 100 persen peserta didik di tingkat SD tersebut tentunya sebagai komitmen pemerintah melalui Disdik, bersama seluruh satuan pendidikan daerah setempat yang terus memberikan keberhasilan terbaik dalam dunia pendidikan.

"Target kami memang 100 persen untuk kelulusan tingkat SD dan itu berhasil diraih. Semoga dengan keberhasilan ini dunia pendidikan di daerah kita terus berkembang," kata Vico.

Dia menjelaskan, faktor-faktor yang selama ini berkontribusi terhadap pencapaian tersebut yakni Disdik selalu menekan kualitas pendidikan dan terus berupaya meningkatkan kualitas pengajar serta fasilitas pendidikan di sekolah-sekolah.

Kemudian, terkait program pendukung yaitu program remedial dan bimbingan belajar yang membantu siswa mengatasi kesulitan belajar juga diberikan kepada peserta didik di sekolah.

Bahkan, keterlibatan para orang tua jadi dukungan dan partisipasi aktif orang tua dalam proses pendidikan anak-anak mereka. Termasuk motivasi siswa, yakni motivasi dan semangat belajar yang tinggi di kalangan siswa.

"Tetapi, penting untuk tetap memastikan bahwa kelulusan ini diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Itu artinya tidak hanya fokus pada kelulusan saja, melainkan juga pada pengembangan kompetensi dan keterampilan siswa yang sesuai dengan tuntutan zaman," beber Vico.

Berbincang terkait komitmen, Vico juga mengungkapkan bahwa Disdik menunjukkan komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di wilayahnya.

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Para guru diminta lebih optimal waspadai kenakalan remaja di sekolah

Beberapa langkah dan strategi yang mungkin dilakukan oleh Disdik untuk mencapai tujuan tersebut, yakni peningkatan kualitas pengajaran, pelatihan guru dengan mengadakan pelatihan serta workshop bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam pengajaran.

Selanjutnya, penggunaan teknologi dengan, bahkan memperkenalkan teknologi pendidikan terbaru dan metode pengajaran yang inovatif untuk meningkatkan proses belajar mengajar juga dilakukan oleh para guru. Sehingga pengembangan kurikulum dengan kebutuhan lokal serta standar nasional dan internasional.

"Juga peralatan belajar yang memadai seperti buku, alat peraga dan teknologi pendukung. Peningkatan kuantitas pendidikan, yakni akses pendidikan dengan memastikan bahwa setiap anak di Kota Palangka Raya memiliki akses yang sama terhadap pendidikan dasar dan menengah," demikian Aprae Vico Ranan.

Baca juga: Disdik Palangka Raya gelar O2SN 2024 tingkat SD-SMP sederajat

Baca juga: Disdik Palangka Raya berlakukan empat jalur PPDB

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Siswa wajib taati aturan lalu lintas