Disdik Palangka Raya gelar O2SN 2024 tingkat SD-SMP sederajat

id Disdik Kota Palangka raya,Kalteng,O2SN ,GSI ,Pelajar ,Kadisdik Kota Palangka Raya Jayani,Jayani

Disdik Palangka Raya gelar O2SN 2024 tingkat SD-SMP sederajat

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani membuka kegiatan O2SN dan GSI tingkat kota yang dilaksanakan di halaman kantor disdik setempat, beberapa hari yang lalu. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah(MTs) kota setempat yang dimulai mulai 3-9 Juni 2024.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Jayani, Rabu, di Palangka Raya mengatakan, O2SN dan Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan momentum yang tepat serta sangat berharga bagi peserta didik untuk dapat berprestasi bahkan berkompetisi secara sehat.

"Kegiatan tersebut tentunya juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fairplay (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab)," kata Jayani.

Dia menjelaskan, disdik setempat setiap tahunnya selalu aktif berpartisipasi dalam berbagai ajang lomba yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog (Kemendikbudristek), bahkan tidak terkecuali adalah O2SN serta GSI.

Kegiatan O2SN dan GSI ini tentunya dapat memfasilitasi serta memotivasi peserta didik yang mempunyai bakat dan minat di bidang olahraga, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kota Palangka Raya.

O2SN tersebut juga merupakan salah satu cara bagaimana pemerintah hadir, untuk mengasah dan menyalurkan bakat dan minat peserta didik di bidang olahraga. sebab pendidikan tidak hanya melulu terkait akademik tetapi non akademik juga butuh diasah.

"Prestasi yang telah dicetak dalam ajang O2SN dan GSI baik tingkat kota, provinsi maupun Nasional," ungkapnya.

Jayani berharap, bahwa penyelenggaraan O2SN dan GSI 2024 ini kembali dapat mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam bidang olahraga yang dapat berprestasi hingga tingkat nasional. O2SN  dan GSI merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat.

"Kami berkeinginan kegiatan seperti ini nantinya berjalan dengan lancar sampai akhir, bahkan dapat mencetak generasi-generasi unggul di bidang olahraga yang bisa mengharumkan nama daerah baik di tingkat provinsi maupun di nasional," demikian Jayani.