Tips aman meninggalkan rumah saat libur Idul Adha 2024

id Tips aman meninggalkan rumah saat libur Idul Adha 2024, kalteng, Palangka raya, pln, ekonomi

Tips aman meninggalkan rumah saat libur Idul Adha 2024

Pelanggan PLN mematikan saklar listrik. ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng

Palangka Raya (ANTARA) - Walaupun tidak sepanjang libur saat lebaran Idul Fitri, cuti bersama pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah biasanya juga dimanfaatkan masyarakat untuk mudik atau pulang kampung.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) Joharifin melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya mengatakan, pentingnya melakukan pengamanan peralatan kelistrikan dan fasilitas lainnya di rumah sebelum bepergian dalam kurun waktu yang cukup lama.

“Penting sekali untuk selalu aware terhadap keamanan di rumah sebelum bepergian,” ujar Joharifin.

Ia juga memberikan beberapa tips aman saat meninggalkan rumah pada libur lebaran Idul Adha 2024 sehingga momen berkumpul bersama keluarga berjalan tanpa hambatan.

Pertama masyarakat harus merapikan rumah sebelum bepergian merapikan rumah sebelum melakukan perjalanan akan sangat membantu saat kembali ke rumah. Selain membuat lebih nyaman, juga dapat menghindarkan rumah dari kehadiran binatang seperti tikus, semut, maupun nyamuk.

Baca juga: PLN pastikan Festival Musik MP3 Fest Banjarbaru tanpa kedip

Kemudian, matikan fasilitas listrik yang tidak digunakan dicabut steker peralatan listrik yang tidak digunakan seperti rice cooker, dispenser, mesin pompa air dan peralatan listrik lainnya. Selain itu hindari penumpukan steker dalam satu titik karena dapat berpotensi menyebabkan korsleting hingga

Ketiga menyalakan lampu penerangan untuk meningkatkan keamanan, cukup menyalakan beberapa titik lampu penerangan di rumah agar tidak terlihat gelap pada malam hari.

Terakhir adalah membayar tagihan listrik dan mengisi token listrik. Membayar listrik tepat waktu akan menghindarkan pelanggan dari pemutusan.

"Selain itu penting juga untuk memeriksa isi token listrik yang tersisa, jika akan habis segeralah melakukan pembelian agar listrik di rumah tidak mati," katanya.

Pelanggan dapat menggunakan Aplikasi PLN Mobile untuk melakukan transaksinya.

“Beberapa tips itu merupakan imbauan PLN terhadap kenyamanan seluruh masyarakat. Harapannya, kita semua bisa merayakan Hari Raya Idul Adha 2024 ini dengan penuh hikmat dan keberkahan," kata Joharifin.

Baca juga: PLN siapkan jaringan listrik terintegrasi layanan teknologi digital di IKN

Baca juga: PLN UID Kalselteng tingkatkan keandalan listrik jelang Idul Adha

Baca juga: Benarkah pemadaman listrik di Lampung terjadi hingga delapan hari ke depan? Ini faktanya