Pemkot Palangka Raya-Poltekkes kerja sama peningkatan layanan kesehatan

id Pemkot Palangka Raya-Poltekkes kerja sama peningkatan layanan kesehatan, Palangka raya, kalteng, pendidikan

Pemkot Palangka Raya-Poltekkes kerja sama peningkatan layanan kesehatan

Dokumentasi. Pemkot Palangka Raya-Poltekkes kerja sama peningkatan layanan kesehatan, Senin (1/7/2024). ANTARA/HO-Prokom Pimpinan Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Palangka Raya bekerjasama dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan di daerah setempat.

"Kerja sama ini telah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama pada awal pekan lalu," kata Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Kamis.

Diantara bentuk kerja sama peningkatan layanan kesehatan itu dilakukan melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Meliputi program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hera mengatakan, terkhusus pada bidang kesehatan, Kota Palangka Raya saat ini menghadapi sejumlah tantangan seperti kurangnya sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan seperti dokter spesialis dan dokter ahli serta tenaga kesehatan strategi lainnya.

Pemerintah Kota Palangka Raya pun terus berupaya melalui penetapan berbagai kebijakan dan meningkatkan peran aktif sejumlah pihak lintas sektor untuk mencari solusi dari sejumlah hambatan dan tantangan yang tengah hadapi.

"Khususnya dalam upaya meningkatkan layanan dan kemudahan akses serta pemerataan pada sektor kesehatan bagi masyarakat," kata wanita berhijab itu.

Baca juga: Anggota dewan terpilih di Palangka Raya jalani tes jasmani dan rohani

Untuk itu, lanjut dia, kolaborasi kebijakan antara berbagai pihak, termasuk dengan Poltekkes Kemenkes tersebut akan saling melengkapi antara sektor kesehatan dan pendidikan. Sehingga muaranya melahirkan SDM sektor kesehatan yang mampu menjawab sejumlah tantangan saat ini.

Dia menambahkan, dengan kebijakan yang komprehensif dan implementasi yang efektif, diharapkan kapasitas sumber daya manusia kesehatan di Kota Palangka Raya akan meningkat signifikan.

"Hal ini tentunya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, dan juga mendukung terciptanya masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera," katanya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Mars Khendra Kusfiyadi mengatakan, sebagai perguruan tinggi yang berfokus pada bidang kesehatan, pihaknya akan siap berkontribusi pada pembangunan daerah melalui program tri dharma perguruan tinggi.

Untuk itu, penandatangan perjanjian kerja sama itu akan meneguhkan dan meningkatkan kolaborasi antara Pemkot Palangka Raya dan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya dalam bidang kesehatan.

Baca juga: Palangka Raya juara umum Pesparawi XVII Kalteng

Baca juga: 168 atlet pelajar Palangka Raya ikuti seleksi pra-Popnas

Baca juga: MES Kalimantan Tengah fokus edukasi produk halal bagi UMKM