Perbaikan lantai Jembatan Sei Katingan dimulai

id Perbaikan lantai Jembatan Sei Katingan dimulai, kalteng, katingan, infrastruktur

Perbaikan lantai Jembatan Sei Katingan dimulai

Suasana saat pekerjaan penggantian lantai jalan Jembatan Sei Katingan. ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Pelaksanaan Kegiatan Perbaikan penggantian lantai jalan Jembatan Sei Katingan Kota Kasongan, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah mulai dikerjakan, pada 14 Juli 2024.

Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan (Disperhubkan) Kabupaten Katingan Roby, mengatakan jadwal pelaksanaan kegiatan buka tutup arus lalu lintas di jembatan Sei Katingan sudah diberlakukan.

"Jadwal pelaksanaan kegiatan buka tutup arus lalu lintas di jembatan Sei Katingan, mulai dari tanggal 14 Juli 2024 sampai dengan 03 Agustus 2024 tersebut dilaksanakan satu kali 24 jam," jelas Roby, di Kasongan, Minggu.

Dia mengatakan jadwal pelaksanaan kegiatan tutup total arus lalu lintas dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pada tanggal 19 Juli 2024 sampai dengan 20 Juli 2024, Jam 00.00 WIB sampai dengan 06.30 WIB. Kemudian, 30-31 Juli 2024 Jam 00.00 WIB sampai dengan 06.30 WIB.

Sementara itu, Roby mengatakan untuk pembatasan kendaraan angkutan orang dan barang yang boleh melintasi jembatan selama proses pekerjaan perbaikan Jembatan Sei Katingan yaitu dengan berat total kendaraan ditambah berat muatan yang diangkut tidak boleh melebihi dari 8 Ton dan  lebar kendaraan tidak boleh melebihi dari 2,1 meter.

Baca juga: Polres Katingan amankan pemuda tersangka pencabulan anak di bawah umur

Jalur atau rute alternatif arus lalu lintas dari Kasongan-Sampit atau Palangka Raya—Sampit pulang pergi (PP) untuk angkutan orang dan barang yang melebihi 8 Ton dan lebar kendaraan melebihi dari 2,1 meter yakni melalui jalan Sudirman-S Parman- jalan Ir Soekarno Hatta-Tumbang Samba-Km 30 dengan jarak tempuh 150 kilometer.

"Agar menjadi perhatian semua pelaku usaha dan driver, diharapkan mengikuti semua petunjuk dari petugas di lapangan dan peraturan atau spanduk yang telah dipasang. Diminta kerja sama yang baik selama pelaksanaan perbaikan jembatan Sei Katingan," katanya.

Jembatan Sei Katingan menjadi jalan utama bagi warga sekitar atau masyarakat yang melakukan perjalanan dari arah Kota Palangka Raya dan wilayah sekitarnya menuju  Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan wilayah sekitarnya.

Dikarenakan jembatan tersebut banyak dilalui pengendara maka perbaikan tersebut menjadi salah satu program prioritas pemerintah daerah setempat.

Masyarakat juga minta berhati-hati serta tidak mengebut saat berkendara di sekitar lokasi perbaikan mengingat terdapat sejumlah material, peralatan hingga para pekerja.

Baca juga: Seorang pemuda di Katingan lakukan asusila ke anak dibawah umur ditangkap polisi

Baca juga: KPU Katingan: Proses Coklit capai 70 persen

Baca juga: Pj Bupati minta Kepengurusan LPTQ Katingan tingkatkan pengembangan tilawatil Quran