Pj Bupati minta Kepengurusan LPTQ Katingan tingkatkan pengembangan tilawatil Quran

id Penjabat Bupati Katingan, Pj Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Saiful, Katingan, Kalteng, Pengurus LPTQ Katingan

Pj Bupati minta Kepengurusan LPTQ Katingan tingkatkan pengembangan tilawatil Quran

Pj Bupati Katingan Saiful, saat pelantikan kepengurusan LPTQ Kabupaten Katingan masa bakti 2024-2028. ANTARA/Naslee.

Kasongan, Katingan (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Saiful mengingatkan sekaligus meminta kepada kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) di kabupaten setempat, agar lebih memberikan manfaat, sekaligus turut mengembangkan dan meningkatkan tilawatil Quran.

"Kami percaya pengurus LPTQ ini adalah orang-orang yang bisa mewadahi dan memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengembangan Tilawatil Quran di Kabupaten Katingan yang kita cintai ini" jelas Saiful, di Kasongan, Kamis.

Pernyataan itu diungkapkan dia terkait pelantikan pengurus LPTQ Kabupaten Katingan masa bakti 2024-2028, di aula gedung LPTQ setempat. Pengurus LPTQ masa bakti 2024-2028 sebagai Ketua Umum yaitu Kabul Mustiman, Sekretaris Kariansyah dan Bendahara Setyo Wahono Abrori.

Saiful mengatakan, LPTQ dibentuk dengan tujuan untuk mewujudkan penghayatan dan pengamalan Al Quran melalui penerjemah, penafsiran, pengkajian dan kalsifikasi ayat-ayat Quran.

"Pengurus yang baru juga agar bisa melaksanakan tugas yang sudah di dharma bakti dalam pengembangan pembinaan Tilawatil Quran di Kabupaten Katingan," katanya.

Kabul Mustiman yang saat ini Ketua LPTQ Katingan masa bakti 2024-2028, diminta segera membangun hubungan yang baik dengan pihak Kementerian Agama dan organisasi muslim lainnya seperti Muhammadiyah maupun tokoh agama.

"LPTQ ini pada saatnya adalah merupakan bagian dari Pemerintahan juga, tentu pemerintah akan selalu mendukung berbagai kegiatan yang dilaksanakan," Saiful.

Ketua LPTQ Kabupaten Katingan Kabul Mustiman, mengatakan LPTQ memiliki tugas dan fungsi yang cukup banyak. Setiap tahunnya pengurus selalu melaksanakan tugas melalui program-program kerja.

"Harapan saya, untuk kedepan kita tetap menjalin kerjasama yang baik untuk bisa mengayuh LPTQ dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya," jelas Kabul Mustiman.

Dia mengatakan LPTQ  memiliki struktur dari tingkat Pusat sampai Daerah. Demikian juga dengan kegiatannya pembinaan yang dilakukan dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan tingkat Pusat.

Baca juga: Pemkab Katingan komitmen wujudkan layanan berkeadilan bagi masyarakat

"Kegiatan pembinaan seperti seleksi Tilawatil Quran dan Hadis setiap dua tahun sekali dilaksanakan. Dalam pelaksanaan pembinaan sudah pernah dilakukan serta mengalami. Pengembangan yang baik di Kabupaten Katingan," ucapnya.

Oleh sebab itu, dengan terbentuknya kepengurusan yang baru ini. Diharapkan bisa melakukan kembali penataan berbagai program kegiatan pembinaan untuk bisa mengikuti berbagai event dari tingkat Provinsi hingga tingkat Pusat nantinya.

"Tahun anggaran 2024, LPTQ Katingan kembali mendapat anggaran dana hibah pemerintah daerah Rp500 juta. Anggaran ini, akan kami gunakan seefektif mungkin untuk persiapan pelaksanaan berbagai pembinaan dan kegiatan lainnya di tingkat kabupaten sampai nasional," demikian Kabul Mustiman. 

Baca juga: Ketua LPT-IK Katingan ajak warga Kaharingan cerdas pilih pemimpin di Pilkada 2024

Baca juga: Pemkab Katingan kirimkan 220 orang pada Pesparawi XVII Provinsi Kalteng

Baca juga: Presiden segera kirim alat medis modern ke RSUD Mas Amsyar Kasongan