Pemkab Katingan kirimkan 220 orang pada Pesparawi XVII Provinsi Kalteng

id Pemkab Katingan kirimkan 220 orang pada Pesparawi XVII Provinsi Kalteng, kalteng, katingan, Pesparawi, keagamaan

Pemkab Katingan kirimkan 220 orang pada Pesparawi XVII Provinsi Kalteng

Tim Pesparawi Kabupaten Katingan berfoto bersama sebelum berangkat menuju Kabupaten Pulang Pisau untuk mengikuti Pesparawi XVII Provinsi Kalteng, Kamis (27/6/2024). ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengirimkan 220 orang pada pergelaran Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XVII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2024 yang dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau.

"Saya berharap kembali agar kontingen Pesparawi kita bisa mengikuti Pesparawi XVII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Pulang Pisau tahun 2024 dengan sungguh-sungguh dan membawa nama baik daerah," kata Penjabat Bupati Katingan, Saiful di Kasongan, Kamis.

Pernyataan itu diungkapkan dia usai pelepasan keberangkatan kontingen Katingan pada Pesparawi XVII Kalteng tersebut.

Keberangkatan kontingen Pesparawi Kabupaten Katingan beranggotakan 220 orang ini dilepas resmi Penjabat Bupati Katingan yang ditandai dengan penyerahan bendera pataka kepada Ketua Panitia Mozard D Staing di teras kantor bupati setempat.

Pada kesempatan itu, Saiful mengatakan, Pesparawi tidak sekadar ajang perlombaan semata, namun juga sebagai upaya pembinaan mental dan spiritual.

Selain itu untuk meningkatkan mutu paduan suara, pertukaran pengetahuan dan pengalaman antar peserta kontingen Pesparawi Kabupaten Katingan dengan peserta kabupaten lainnya.

Dia pun mengapresiasi Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah Katingan dan jajarannya, unsur panitia kabupaten dan pihak terkait lainnya yang berperan aktif dalam mempersiapkan kontingen Pesparawi Kabupaten Katingan.

Baca juga: Presiden segera kirim alat medis modern ke RSUD Mas Amsyar Kasongan

"Semuanya telah berperan aktif dan kerja sama yang baik selama persiapan hingga saat ini. Sehingga kontingen kita bisa mengikuti Pesparawi XVII tingkat Kalimantan Tengah di Pulang Pisau tahun 2024," kata Saiful.

Ketua Panitia Pesparawi Kabupaten Katingan, Mozard D Staing mengatakan Pesparawi XVII tingkat Provinsi Kalteng ini merupakan langkah awal mempersiapkan Kontingen Kalteng untuk mengikuti Pesparawi Nasional XIV tahun 2025 di Manokwari, Provinsi Papua Barat.

"Peserta Pesparawi tingkat Provinsi Kalteng di Pulang Pisau tahun 2024 diikuti oleh 13 Kabupaten dan 1 Kota. Kegiatan sejak tanggal 28 juni 2024 sampai dengan 04 juli 2024," katanya.

Dari 12 kategori lomba pada Pesparawi XVII tingkat Provinsi Kalteng di Pulang Pisau 2024. Kontingen Kabupaten Katingan mengikuti 11 kategori yaitu paduan suara dewasa campuran (PSDC), paduan suara remaja/pemuda (PSR/P) dan paduan suara pria (PSP).

Kemudian paduan suara wanita (PSW), paduan suara anak (PSA), vocal group (PG), solo remaja/pemuda putera (SR/PPa), solo remaja/pemuda puteri (SR/PPi), solo anak usia 7-9 tahun putra/putri (usia 7-9 thn PA/Pi), solo anak usia 10-13 tahun putra/putri (usia-10-13 thn PA/Pi) dan musik pop gerejawi (MPG).

"Pelaksanaan Pesparawi XVII tingkat Provinsi Kalteng di Pulang Pisau 2024, khususnya Kontingen Kabupaten Katingan memberangkatkan 220 orang terdiri dari panitia 48 orang, pelatih 16 orang, pianis 4 orang, dirigen 5 orang dan penyanyi 147 orang," demikian Mozard.

Baca juga: Penjabat Bupati Katingan: Kunjungan presiden berdampak pada kemajuan pembangunan

Baca juga: Presiden perintahkan Kementerian PUPR perhatikan keterisolasian di Katingan

Baca juga: Presiden Jokowi ajak menteri blusukan di Pasar Pata Katingan