Sebanyak 34 pelaku UMKM siap pasarkan produk di Bartim Expo 2024

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Bartim Ekspo 2024, Barito Timur, Kalteng.

Sebanyak 34 pelaku UMKM siap pasarkan produk di Bartim Expo 2024

Kopi Rempah Pasak Bumi yang merupakan salah satu produk UMKM Barito Timur siap dipasarkan di Bartim Expo 2024, di Tamiang Layang, Selasa (31/7/2024). ANTARA/HO.

Tamiang Layang (ANTARA) - Sebanyak 34 pelaku UMKM akan memasarkan aneka produk masing-masing, mulai dari kuliner hingga seni akan menghiasi tenda UMKM yang disediakan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah pada Bartim Expo 2024.

"Mereka yang dilibatkan Pemkab itu telah siap memasarkan produknya masing-masing,” kata Ketua Komunitas Kreatif Dusun Timur, Yeryana  di Tamiang Layang, Rabu.

Dikatakan, dari 34 pelaku UMKM yang dilibatkan itu, produk andalan para pelaku usaha itu berbeda-beda, mulai dari kuliner, produk kesenian dan ada juga anyam-anyaman. Diantara produk-produk kuliner yang sering dipromosikan yakni Keripik Oleh-Oleh Khas Bartim produk dari Dapur Bu Tanti, ada juga produk olahan rengginang dan lainnya..

Yeryana mengatakan bahwa dirinya juga memiliki produk yang ikut dipromosikan di Bartim Expo yakni Kopi Rempah Sirih Merah dan Kopi Rempah Pasak Bumi,” kata Yeriana. Sedangkan produk-produk lainnya beraneka macam produk seperti kuliner atau penganan dan seni itu seperti Mandau Khas Dayak, gelang atau kalung dan lainnya.

"Komunitas Kreatif Jari Janang Dusun Timur (KKJJDT) merupakan salah satu komunitas yang dilibatkan dalam Bartim Expo 2024," ucapnya.

Selain itu, tambahnya, ada beberapa komunitas UMKM lainnya yang dilibatkan seperti Komunitas Kreatif Jari Janang Dusun Tengah, dan komunitas lainnya, serta para pelaku UMKM yang di luar anggota komunitas kreatif seperti perajin madu kelulut.

Baca juga: Bantu promosikan produk UMKM, pemkab sediakan 35 stan di Bartim Ekspo 2024

"Kami sangat mengapresiasi pelibatan pelaku UMKM dalam event Bartim Expo 2024 ini, dengan melibatkan UMKM secara tidak langsung akan memberikan dampak positif bagi kami pelaku UMKM dengan harapan bisa meningkatkan pendapatan kami," kata Yeryana.

Yeryana juga mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-22 Kabupaten Barito Timur dengan harapan kedepannya Barito Timur bisa semakin maju, semakin sejahtera, sejahtera yang berkeadilan warganya, pemimpin kedepannya menjadi pemimpin yang benar-benar memperjuangkan kesejahteraan warganya, dan benar-benar bisa menjadi kabupaten yang memiliki semboyan Gumi Jadi Janang Kalalawah (Menjadi Jaya Selamanya).

Baca juga: Pemkab Bartim melalui TTPKS mediasi konflik lahan di Desa Dorong

Baca juga: Sekda pastikan stand Bartim Ekspo 2024 terbangun seragam

Baca juga: Pj Bupati ajak pihak ketiga proaktif dukung pemkab cegah bencana di Bartim