RSUD Tamiang Layang kini melayani pengecekan kanker tahap awal

id RSUD Tamiang Layang kini melayani pengecekan kanker tahap awal, kalteng, bartim, Barito Timur, kesehatan

RSUD Tamiang Layang kini melayani pengecekan kanker tahap awal

Direktur RSUD Tamiang Layang dr Vinny Safari. ANTARA/HO-Humas RSUD Tamiang Layang

Tamiang Layang  (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah kini sudah bisa melakukan pengecekan kanker tahap awal dalam upaya pencegahan dini.

“Kita (RSUD Tamiang Layang) telah didukung fasilitas kesehatan dengan alat medis yang memadai untuk mendeteksi sel kanker tahap awal. Maka pelayanan pengecekan bisa dilaksanakan. Namun untuk kanker stadium tiga dan empat tetap akan diberikan rujukan," kata Direktur RSUD Tamiang Layang dr Vinny Safari di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, masyarakat perlu diedukasi untuk melakukan pengecekan sejak dini agar memanfaatkan kesempatan tersebut guna melakukan deteksi dini terhadap potensi kanker. Deteksi dini sangat penting untuk menentukan langkah penanganan lebih lanjut dan meningkatkan peluang kesembuhan tinggi.

Masyarakat umum serta peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan layanan ini di RSUD Tamiang Layang.

“Masyarakat yang berstatus umum ataupun yang ikut dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau BPJS Kesehatan juga bisa dilayani,” kata Vinny.

Baca juga: DPUPR Perkim Bartim gusur sampah di TPA Luak Jawuk

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya deteksi dini kanker dan memberikan akses yang lebih mudah terhadap pelayanan kesehatan berkualitas.

Dalam mengedukasi masyarakat, RSUD Tamiang Layang melaksanakan Talk Show Kenali Penyakit Kanker Payudara dengan narasumber dr Ardi Pramudiyo Sp.B dengan dipandu Humas RSUD Tamiang Layang Heni Noveri.

“Melalui media sosial resmi RSUD Tamiang Layang sudah disampaikan secara online dan langsung di Stand Expo Bartim dan Pameran UMKM 2024,” kata Vinny.

Talk Show selanjutnya akan dilaksanakan kembali pada Rabu malam di Stand Expo Bartim dan Pameran UMKM 2024 dengan tema Pre Menstrual Syndrome atau Sindrom Pra Menstruasi dengan narasumber dr Hastin Pangastuti Sp.Og.

Baca juga: RSUD Tamiang Layang edukasi masyarakat cegah dan tangani henti jantung

Baca juga: Seleksi CPNS Bartim 2024 diumumkan secara online

Baca juga: Ketua DPRD Bartim ajak masyarakat hargai jasa pendahulu