Pembukaan Porwanas di Kalsel diundur agar dihadiri Menpora

id porwanas,kalsel,pembukaan ,pwi,2024,menpora

Pembukaan Porwanas di Kalsel diundur agar dihadiri Menpora

Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Seremonial pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV tahun 2024 di GOR Paman Birin Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) diundur guna memastikan kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo dan 38 kontingen.


"Rencananya digelar Selasa (20/8) tapi diundur pada Kamis (22/8), perubahan jadwal pembukaan ini setelah mempertimbangkan dengan matang," kata Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie di Banjarmasin, Minggu.

Selain untuk memastikan kehadiran pejabat pusat yang membuka acara Porwanas secara resmi, panitia ingin agar kontingen dari 37 provinsi plus PWI khusus Solo bisa ikut menghadiri seremonial pembukaan sehingga lebih meriah.

Helmie menyebut pada Selasa (20/8) masih ada beberapa kontingen provinsi yang baru datang dan kemungkinan tidak bisa menghadiri acara pembukaan jika tetap digelar di jadwal awal.

"Kami telah berkoordinasi dan melaporkan perubahan jadwal pembukaan ini kepada Gubernur Paman Birin," ucapnya.

Baca juga: Piala bergilir Presiden untuk juara umum Porwanas tiba di Kalsel

Ketua Seksi Wartawan Olahraga Wartawan (SIWO) PWI Kalsel Irwansyah menjelaskan perubahan waktu pembukaan tidak mempengaruhi rundown dan teknis pelaksanaan pertandingan.

“Untuk technical meeting dan jadwal pertandingan tetap sesuai technical handbook (THB) jadi tetap sesuai jadwal tidak terpengaruh perubahan hari pembukaan," jelasnya.

Dia berharap seluruh kontingen bisa menyesuaikan jadwal pertandingan dengan perubahan waktu pembukaan jika ingin hadir saat seremonial di GOR Paman Birin.

Porwanas tahun ini mempertandingkan 11 cabang olahraga plus lomba karya jurnalistik yakni atletik, biliar, bridge, bulu tangkis, catur, futsal, tenis meja, domino, e-sport, tenis lapangan dan balogo.

Adapun karya jurnalistik yang dilombakan berupa fotografi, reportase teks, reportase video dan reportase radio dengan mengangkat tema Geopark Meratus.