Sumbar tuan rumah Porwanas, Gubernur minta OPD tindaklanjuti

id gubernur sumbar,porwanas,sumbar 2024,pwi

Sumbar tuan rumah Porwanas, Gubernur minta OPD tindaklanjuti

Gubernur Sumbar Mahyeldi (berpeci) bersama Ketua PWI Sumbar dan jajaran (ANTARA/PWI Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah meminta organisasi perangkat daerah (OPD) di daerah tersebut untuk menindaklanjuti penetapan provinsi itu menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XVI 2024.



"Kami menyambut baik penetapan Sumbar sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV 2024," kata Mahyeldi di Padang, Sabtu.



Ia juga memerintahkan seluruh jajaran terkait untuk melakukan koordinasi guna mempersiapkan kegiatan yang akan diikuti wartawan dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam PWI.



Menurut dia, akan segera dilakukan koordinasi dengan sejumlah organisasi olahraga di Sumatera Barat sekaligus akan ditetapkan lokasi pertandingan setiap cabang olahraga.



Ia mengatakan Sumbar memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk menggelar pertandingan olahraga nasional mulai dari sepak bola, futsal, tenis meja, tenis lapangan, badminton, atletik, bridge, biliar, dan catur. Selain itu, akan ada lomba foto dan lain sebagainya.



Sementara itu, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar mengaku bersyukur atas sambutan kepala daerah setelah Sumbar ditetapkan menjadi tuan rumah Porwanas yang diselenggarakan tiga tahun sekali itu.



Ia mengatakan, saat berjuang menjadi tuan rumah, Pemerintah Provinsi Sumbar sudah menyatakan siap dan bersedia sebagai tuan rumah pertandingan olahraga yang bakal diikuti ribuan wartawan se-Indonesia tersebut.



Berdasarkan Surat Keputusan PWI Pusat No.465/PLP/PP- PWI/2023 yang dikeluarkan 17 April diputuskan bahwa Sumatera Barat ditetapkan sebagai tuan rumah Porwanas XIV pada 2024.



Ia mengatakan Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Ketua DPRD Sumbar Supardi memberikan surat rekomendasi atas kesiapan menjadi tuan rumah yang diserahkan pada Rakernas SIWO PWI yang dilaksanakan berbarengan dengan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Medan pada Februari.



Pada saat itu Sumbar harus berjuang dan bersaing ketat dengan empat provinsi dan daerah yang memiliki keinginan sama yakni Kota Solo, Kalimantan Timur, Sumbar, dan Provinsi Aceh. Tapi dari empat provinsi tersebut, Sumbar-lah yang lebih siap karena dikuatkan dengan surat dukungan dari gubernur dan ketua DPRD.



Ketua Siwo PWI Sumbar Syaifuln Husin mengatakan Sumbar sudah pernah sukses menyelenggarakan Porwanas pada 1988.



"Kebetulan yang menjadi ketua SIWO waktu itu, Ardi Syarif, wartawan olahraga asal Sumbar. Pencapaian ini yang akan kita ulang kembali," kata dia.