Pemerintah desa di Kapuas didorong optimalkan penerapan Siskeudes

id Pemdes di Kapuas didorong optimalkan penerapanSiskeudes, kalteng, Kapuas, siskeudes, Desa, pemdes

Pemerintah desa di Kapuas didorong optimalkan penerapan Siskeudes

Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mengharapkan agar seluruh pemerintahan desa di wilayah tersebut, dapat memanfaatkan Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) online dalam pengelolaan dana desa.

“Penggunaan aplikasi ini dinilai penting untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa, terutama dalam pemanfaatan dana desa yang diberikan oleh pemerintah pusat, kabupaten maupun sumber dana lainnya,” kata Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Senin.

Siskeudes online merupakan sebuah sistem yang dikembangkan untuk mempermudah pemerintah desa dalam mencatat, mengelola, dan melaporkan anggaran dan belanja desa secara digital.

Melalui sistem ini, proses administrasi keuangan desa dapat dilakukan secara lebih efektif, efisien, dan transparan. Selain itu, penggunaan sistem ini juga memungkinkan pemerintah daerah untuk memantau secara langsung pengelolaan keuangan di setiap desa.

Baca juga: Pemkab Kapuas evaluasi kinerja OPD untuk tingkatkan pelayanan publik

DPMD Kabupaten Kapuas menyampaikan bahwa dengan memanfaatkan Siskeudes online, desa-desa diharapkan dapat mengurangi risiko penyimpangan dalam penggunaan dana desa. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan administrasi keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam upaya mendukung penerapan Siskeudes Online, Dinas PMD Kabupaten Kapuas juga berkomitmen untuk memberikan bimbingan teknis serta pendampingan kepada pemerintah desa yang masih membutuhkan bantuan dalam mengoperasikan sistem tersebut.

“Dengan demikian, diharapkan semua desa di Kabupaten Kapuas dapat mengoptimalkan penggunaan dana desa demi kemajuan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat setempat,” demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: Pemkab Kapuas komitmen junjung tinggi netralitas ASN

Baca juga: Seorang korban insiden sampan karam di Kapuas ditemukan meninggal

Baca juga: Penanganan stunting di Kapuas diapresiasi Pemprov Kalteng