Ketua DAD Kalteng dorong organisasi pemuda perkuat karakter dalam pembangunan daerah

id Dewan Adat Dayak Ketua DAD Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran, DAD Kalimantan Tengah, DAD Kalteng, Kalimantan Tengah, Kalt

Ketua DAD Kalteng dorong organisasi pemuda perkuat karakter dalam pembangunan daerah

Agustiar Sabran (tiga kanan) usai pembukaan acara Senior Gathering and National Bible Camp II Perkumpulan Senior GMKI Tahun 2024 yang digelar di salah satu hotel di Palangka Raya, Sabtu (14/9/2024). ANTARA/Rendhik Andika.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah Agustiar Sabran yang juga merupakan Bakal Calon Gubernur Kalteng pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 untuk semakin memperkuat karakter dalam pembangunan daerah.

"Organisasi pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan daerah. Termasuk bagi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI)," kata Agustiar di Palangka Raya, Sabtu.

Pernyataan itu diungkapkan dia usai pembukaan acara Senior Gathering and National Bible Camp II Perkumpulan Senior GMKI Tahun 2024 yang digelar di salah satu hotel di Palangka Raya.

Agustiar mengatakan, ditengah dinamika sosial dan ekonomi yang terus berkembang, peran pemuda yang berkarakter semakin dibutuhkan untuk menjadi motor penggerak perubahan. Untuk itu, Pemuda dengan nilai-nilai integritas, kepedulian, dan tanggung jawab dapat menjadi agen perubahan yang mampu menciptakan inovasi, memberdayakan masyarakat, dan mendorong kemajuan di daerahnya.

Organisasi pemuda yang solid dan berkarakter tidak hanya berfungsi sebagai tempat berkumpulnya generasi muda, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun jiwa kepemimpinan, solidaritas, serta tanggung jawab sosial.

"Melalui berbagai kegiatan, mulai dari pendidikan, pelatihan, hingga aksi sosial, organisasi pemuda mampu menciptakan individu-individu yang berdaya saing dan siap menghadapi tantangan globalisasi," katanya.

Dalam konteks pembangunan daerah, organisasi pemuda berperan aktif dalam menyuarakan aspirasi masyarakat, terutama kaum muda. Mereka juga dapat menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.

Baca juga: Bertemu para tokoh di Kapuas, Agustiar Sabran ajak jaga suasana kondusif selama Pilkada

"Misalnya, melalui program-program pemberdayaan ekonomi lokal, pemuda dapat membantu menciptakan lapangan kerja baru serta mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dapat dikolaborasikan dengan pemerintah daerah," katanya.

Sementara itu Senior GMKI diharapkan dapat menularkan semangat kolaborasi, inovasi, dan integritas, organisasi pemuda dapat berkontribusi nyata dalam membangun daerah yang lebih maju dan sejahtera.

Dia mengatakan kaderisasi semangat berorganisasi dalam membentuk pemuda berkarakter adalah aset penting yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan pembangunan daerah yang berkelanjutan.

"Peran mereka menjadi kunci dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh lapisan masyarakat," kata Agustiar Sabran.

Baca juga: Bapaslon Agustiar-Edy Pratowo serap aspirasi masyarakat Kobar

Baca juga: Blusukan ke Pasar Keramat, Agustiar pantau stabilitas harga

Baca juga: Agustiar Sabran siap bawa Kalteng semakin maju dan bermartabat