Diskominfo siapkan internet gratis di Taman Kota Sampit

id Diskominfo siapkan internet gratis di Taman Kota Sampit, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, Halikinnor, sanggul Lumban Gaol, Di

Diskominfo siapkan internet gratis di Taman Kota Sampit

Penjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Sanggul Lumban Gaol bersama pejabat lainnya saat meresmikan layanan internet gratis di Taman Kota Sampit, Minggu (22/9/2024). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Warga yang ingin berolahraga maupun bersantai di Taman Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah kini bisa menikmati layanan internet gratis yang disiapkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat.

"Minggu lalu Pak Bupati meresmikan 'car free day' di sini, mulai hari ini kita lengkapi lagi dengan penyediaan internet gratis. Kekuatan internet ini juga akan terus ditingkatkan sesuai jumlah pemakai," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Sanggul Lumban Gaol di Taman Kota Sampit, Minggu.

Turut hadir dalam peluncuran internet gratis ini Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto, Kepala Diskominfo Marjuki, Kepala Dinas Kesehatan Umar Kaderi, Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Irfansyah dan pejabat lainnya.

Peluncuran internet gratis ini langsung disambut antusias oleh warga yang sedang menikmati "car free day" atau di CFD. Mereka langsung mendatangi petugas untuk meminta informasi cara mengakses layanan internet gratis tersebut. 

"Layanan internet gratis ini bisa langsung diakses melalui telepon seluler masing-masing. Tidak perlu pakai password," ujar Sanggul.

Dia menambahkan, layanan internet gratis ini dikendalikan dari Diskominfo. Selain internet gratis, segera dipasang kamera tersembunyi atau CCTV di beberapa titik di kawasan Taman Kota Sampit.

Hal ini demi keamanan dan kenyamanan seluruh warga yang beraktivitas dan menikmati suasana di Taman Kota Sampit. Pemerintah daerah juga berencana membenahi dan mempercantik taman tersebut pada 2025 nanti.

Baca juga: KPU Kotim tetapkan sebanyak 309.973 DPT untuk Pilkada 2024

Sanggul berharap Taman Kota akan menjadi lebih menarik dan lebih indah sehingga menjadi objek olahraga dan objek wisata serta silaturahim bagi masyarakat. Selain itu bisa menjadi lokasi tumbuhnya sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Pelaku UMKM diharapkan memahami bahwa akan ditata demi kenyamanan dan keamanan. Selain Taman Kota, internet gratis dan CCTV juga nanti dipasang di beberapa titik. Fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM, ojek online dan lainnya. Manfaatkanlah fasilitas ini dengan arif dan bijaksana," demikian Sanggul Lumban Gaol. 

Sementara itu Kepala Diskominfo Kotawaringin Timur Marjuki mengatakan, aktivitas masyarakat semakin meningkat di kawasan Taman Kota Sampit setelah ditetapkan kegiatan CFD oleh Bupati Halikinnor pada Minggu (15/9) lalu. Untuk itu pihaknya berupaya melengkapi dengan memasang internet gratis dan CCTV.

"Untuk event-event besar untuk zoom atau daring pun, ini sudah bisa dimanfaatkan di sini. Semua ini merupakan upaya pemerintah daerah membuka akses yang luas bagi masyarakat," kata Marjuki.

Untuk ke depannya, tidak menutup kemungkinan layanan seperti ini diperluas secara bertahap hingga ke kecamatan-kecamatan. Saat ini ada pemasangan akses internet gratis di 24 lokasi di sejumlah kecamatan di Kotawaringin Timur. 

"Mudah-mudahan ini juga dapat membantu promosi daerah, promosi UMKM, bahkan promosi potensi di desa-desa. Mari kita manfaatkan ini seoptimal mungkin untuk hal-hal yang positif demi kemajuan," demikian Marjuki.

Baca juga: Terbantu organisasi sosial, Pemkab Kotim hibahkan ambulans dan mesin pompa

Baca juga: Halikinnor terharu sambutan antusias pensiunan ASN

Baca juga: BKPRMI Kotim diharap tetap komitmen bina generasi muda