Peserta didik di Palangka Raya diminta jaga kesehatan selama musim kemarau

id Disdik Kota Palangka raya,PPagka Raya ,Kalteng,ISPA ,Bahaya Penyakit

Peserta didik di Palangka Raya diminta jaga kesehatan selama musim kemarau

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan. ANTARA/Adi Wibowo      

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengingatkan sekaligus meminta kepada seluruh peserta didik di daerah setempat, agar tetap menjaga kesehatan selama musim kemarau.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Selasa, mengatakan sekolah di sejumlah tempat disarankan kepada peserta didiknya untuk menggunakan masker ketika berada di luar sekolah.

"Saat ini banyak peserta didik yang terserang penyakit ISPA. ISPA menyerang mereka akibat cuaca kemarau saat ini yang melanda daerah setempat," kata Vico.

Dia menuturkan, untuk mencegah peserta didik di Palangka Raya terkena ISPA para orang tua diwajibkan untuk mengarahkan anak-anaknya mengkonsumsi buah-buahan serta air putih secukupnya.

Hal itu dilakukan agar stabilitas tubuh para peserta didik saat berada di luar rumah atau berada di sekolah, tidak mudah terserang penyakit ISPA. Kebanyakan ISPA disebabkan oleh debu serta makanan yang berminyak.

"Alangkah baiknya mengantisipasi terlebih dahulu dari pada sudah terjadi. Kemudian perbanyak juga minum vitamin agar stabilitas tubuh tetap terjaga dengan baik selama beraktivitas," bebernya.

Orang nomor dua di lingkup Disdik Kota Palangka Raya tersebut juga menambahkan, selain melakukan pengawasan terhadap anaknya di luar lingkungan sekolah, para orang tua dan guru sebaiknya juga memberikan edukasi terkait bahaya penyakit yang bisa menyerang peserta didik.

Baca juga: Disdik Palangka Raya anjurkan peserta didik gunakan masker di sekolah

Apabila peserta didik sudah mendapatkan edukasi tersebut, tentunya mereka akan menjalankan perintah apa yang telah didapat dari edukasi tersebut untuk menghindari bahaya yang bisa menimpa mereka.

"Dengan edukasi yang masif tentunya anak-anak akan memahami apa yang telah disampaikan. Semoga saja kekhawatiran kita tidak akan terjadi, karena mereka sudah memahaminya," bebernya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, meskipun kondisi cuaca kemarau melanda daerah Kota Palangka Raya aktivitas peserta didik tetap berjalan normal. Meskipun dalam beberapa hari ini udara di daerah setempat diselimuti kabut asap tipis.

Baca juga: Disdik Palangka Raya gencarkan gerakan sekolah sehat di satuan pendidikan

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Gerakan sekolah sehat melalui aksi sehat bergizi

Baca juga: Disdik Palangka Raya awasi kantin sekolah berkala