Disdik Palangka Raya awasi kantin sekolah berkala

id Disdik Palangka raya,Aprae Vico Ranan ,Kalteng,Palangka Raya,Kantin Sekolah

Disdik Palangka Raya awasi kantin sekolah berkala

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan pengawasan kantin sekolah secara berkala untuk mengantisipasi adanya jajanan atau makanan tidak sehat.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan, Jumat, mengatakan pihaknya mengeluarkan Surat Edaran (SE) terbaru yang mengatur pelaksanaan Aksi Sehat Bergizi dalam rangka Gerakan Sekolah Sehat.

"SE tersebut bernomor 800/2548/Disdik. Um-Peg/VIII/2024, mengarahkan sekolah-sekolah meningkatkan upaya pengawasan dan pengelolaan kantin sekolah, untuk memastikan makanan dan minuman yang dijual memenuhi standar kesehatan," kata Vico di Palangka Raya.

Baca juga: 20 peserta didik PKBM Pelampang Tarung Kotim ikuti ANBK

Dia menuturkan, SE tersebut mencakupi beberapa poin penting yang harus diterapkan di seluruh satuan pendidikan, yakni pemahaman dan pembiasaan konsumsi makanan bergizi, misalnya sekolah meningkatkan pemahaman peserta didik tentang pentingnya konsumsi makanan bergizi seimbang, mencakup protein tinggi, buah, dan sayur.

Peserta didik juga diimbau minum air putih yang cukup, minimal dua gelas sehari selama kegiatan di sekolah, disarankan membawa bekal dari rumah, pengawasan terhadap kantin berkala, hingga koordinasi dengan Dinas Kesehatan.

"Pengawasan dari pihak Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bahkan peran Unit Kesehatan Sekolah (UKS) harus diaktifkan kembali untuk mengoptimalkan pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah," ujarnya.

Ditambahkannya, SE ini penting untuk memastikan seluruh pihak terkait, baik sekolah maupun orang tua, berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sekolah sehat dan mendukung perkembangan peserta didik.

"SE ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian semua pihak dan diharap dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi kesehatan serta kesejahteraan siswa di Palangka Raya," demikian Vico.

Baca juga: Disdik: Peserta didik di Palangka Raya jauhi perbuatan kenakalan remaja

Baca juga: Bupati Kotim apresiasi antusiasme pelajar di Cempaga ikuti O2SN peringati Haornas

Baca juga: Disdik Kota Palangka Raya sosialisasikan asesmen nasional SMP 2024