Disdik Kota Palangka Raya sosialisasikan asesmen nasional SMP 2024

id Disdik Kota Palangka Raya ,Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya A Vico Ranan ,Asessemen nasional ,SMP se-Kota Palangka Raya

Disdik Kota Palangka Raya sosialisasikan asesmen nasional SMP 2024

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan (dua dari kanan) membuka kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan asesmen nasional jenjang SMP se-kota setempat, Kamis (5/9/2024). ANTARA/HO-Disdik Kota Palangka Raya.  

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bidang Pembinaan SMP, melaksanakan rapat koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan asesmen nasional jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Palangka Raya 2024.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Kamis, mengatakan pentingnya asesmen nasional dalam pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik, bahkan pelaksanaan asesmen nasional tersebut bertujuan untuk mendorong satuan pendidikan dan Disdik agar lebih fokus pada perbaikan mutu pembelajaran.

"Hasil dari asesmen nasional itu nantinya akan menjadi tolok ukur dalam evaluasi mutu pendidikan di setiap sekolah, yang nantinya akan tercermin dalam rapor pendidikan sekolah," kata Vico.

Di lokasi yang sama, Kepala Bidang Pembinaan SMP M Aswani menjelaskan bawah asesmen nasional 2024 akan diikuti oleh 1.345 siswa, yang terdiri dari 702 siswa laki-laki dan 643 siswa perempuan, serta 97 siswa cadangan.

Pelaksanaan asesmen nasional tersebut dijadwalkan pada 9 hingga 12 September 2024 dan akan dilaksanakan secara online dan semi-online.
"Sebanyak 44 sekolah akan melaksanakan asesmen nasional secara online, sementara tujuh sekolah lainnya menggunakan metode semi-online," katanya.

Baca juga: Penggunaan Mypertamina di Palangka Raya untuk subsidi BBM tepat sasaran

Aswan mengungkapkan, rapat koordinasi ini bertujuan untuk mempersiapkan sarana dan prasarana sekolah dalam menghadapi pelaksanaan asesmen nasional.

Selain itu, langkah antisipasi juga dibahas terkait potensi kendala teknis yang mungkin terjadi, seperti gangguan jaringan internet yang tidak stabil.

"Dengan persiapan yang matang, diharapkan pelaksanaan asesmen nasional di Kota Palangka Raya dapat berjalan lancar dan sukses," bebernya.

Acara asesmen nasional selain dihadiri Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya juga dihadiri oleh perwakilan dari seluruh sekolah tingkat SMP di kota setempat, dengan harapan agar pelaksanaan asesmen nasional 2024 dapat terlaksana dengan baik dan memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di kota tersebut.

Baca juga: BPN Palangka Raya selesaikan 15.000 hektere pemetaan bidang lengkap

Baca juga: Penjabat Wali Kota minta lembaga penyiaran perkuat penyebaran informasi pembangunan

Baca juga: Pemkot Palangka Raya atasi stunting melalui program 'Paketing'