Disdik: Peserta didik di Palangka Raya jauhi perbuatan kenakalan remaja

id Disdik Kota Palangka Raya,Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya A Vico Ranan ,Kenakalan remaja ,Palangka Raya ,Kalteng

Disdik: Peserta didik di Palangka Raya jauhi perbuatan kenakalan remaja

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengingatkan seluruh peserta didik di daerah setempat untuk menjauhi perbuatan atau tindakan kenakalan remaja yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Selasa, mewanti-wanti peserta didik di daerah setempat jangan berani berbuat hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri, orang tua dan bisa berimbas ke sekolah, terlebih status mereka masih pelajar.

"Jadi untuk menghindari kenakalan remaja tersebut, bahwa perhatian dan upaya preventif perlu ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan kondusif," kata Vico.

Dia menuturkan, pihaknya sangat mengharapkan semua pelajar baik itu siswa dan siswi dapat menjauhkan diri dari perilaku negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Kenakalan remaja seperti tawuran, penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas harus dihindari dengan keras.

Baca juga: DPKUKMP Palangka Raya tera ulang timbangan pedagang cegah kecurangan

"Maka dari itu kami mendorong para pelajar untuk lebih fokus pada pendidikan dan kegiatan yang bermanfaat, sehingga mereka terhindar dari yang namanya kegiatan negatif atau kenakalan remaja," ucap Vico.

Orang nomor dua di lingkup Disdik Kota Palangka Raya tersebut mengungkapkan, bahwa Disdik juga akan memperkuat kerja sama dengan pihak sekolah dan orang tua dalam rangka mengawasi dan membina para peserta didik.

Program-program pendidikan karakter dan kegiatan ekstrakurikuler yang positif diharapkan dapat meminimalisir risiko kenakalan remaja.

"Kami nantinya berencana mengadakan seminar dan workshop bagi siswa, orang tua dan guru untuk membahas strategi pencegahan kenakalan remaja serta membangun kesadaran mengenai pentingnya peran serta semua pihak dalam mendukung pengembangan karakter yang baik," demikian Vico.

Baca juga: BPBD Palangka Raya gencarkan patroli di wilayah rawan karhutla

Baca juga: PLN UID Kalselteng: Pengguna REC tembus 50 ribu unit

Baca juga: Dinsos Palangka Raya reunifikasi keluarga penyandang disabilitas