Pemkab Bartim berikan bantuan sosial pendidikan kepada ratusan mahasiswa

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Kepala BPKAD Barito Timur, Misnohartaku, BPKAD Barito Timur, BPKAD Bartim, Barito Timur, Kalteng

Pemkab Bartim berikan bantuan sosial pendidikan kepada ratusan mahasiswa

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Barito Timur, Misnohartaku. ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Sebanyak 183 mahasiswa berprestasi dan kurang mampu di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, menerima bantuan sosial pendidikan dari pemerintah kabupaten setempat.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Barito Timur, Misnohartaku di Tamiang Layang, Senin, mengatakan bahwa bantuan ini diberikan untuk mendukung biaya pendidikan mereka selama menempuh studi pendidikan,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Barito Timur, Misnohartaku di Tamiang Layang, Senin.

"Penyaluran bantuan sosial ini dilakukan sesuai dengan kategori penerima, dengan nilai bantuan yang bervariasi. Untuk penyalurannya sesuai jadwal setelah penandatanganan dokumen penerima bantuan," ucapnya.

Dia pun menegaskan bahwa Pemkab Bartim telah membuat surat pemberitahuan yang disampaikan kepada masing-masing camat dan kepala desa se-Kabupaten Barito Timur. Hal itu bertujuan, agar semua pihak kecamatan dan desa dapat menyampaikan informasi terkait bantuan pendidikan dari Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

Sementara untuk penandatanganan dokumen dibagi menjadi dua tahap. Di mana tahap pertama dilaksanakan, Kamis (3/10), untuk para mahasiswa yang berdomisili di Kecamatan Dusun Timur, Karusen Janang, Pematang Karau, Paku, dan Paju Epat. Tahap kedua dijadwalkan, Jumat (4/10), kepada para mahasiswa dari Kecamatan Benua Lima, Raren Batuah, Dusun Tengah, Patangkep Tutui, dan Awang.

Baca juga: Diperpanjang jabat Pj Bupati Bartim, ini pernyataan Indra Gunawan

"Total anggaran bantuan sosial untuk mahasiswa ini mencapai Rp949 juta. Dana tersebut dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2024. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan mereka dan menjadi motivasi bagi mereka untuk terus berprestasi," beber Misnohartaku.

Misno menegaskan, bantuan ini merupakan bagian dari upaya dan komitmen Pemkab Barito Timur dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berprestasi.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur berharap, dengan adanya dukungan ini, mahasiswa penerima bantuan dapat lebih fokus dalam menjalani proses belajar dan meraih kesuksesan akademik," demikian Misnohartaku.

Baca juga: Sekda Bartim luruskan kesalahpahaman penarikan mobil dinas penjabat bupati

Baca juga: Barito Timur panen perdana padi Inpari 32 perkuat ketahanan pangan daerah

Baca juga: Berikut nomor urut tiga pasangan calon peserta Pilkada Barito Timur