Pemerintah diminta optimal mewujudkan pemerataan pelayanan sosial di Kalteng

id DPRD Kalimantan Tengah, Sudarsono, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

Pemerintah diminta optimal mewujudkan pemerataan pelayanan sosial di Kalteng

Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Sudarsono. ANTARA/Dokumentasi pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Sudarsono meminta pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, untuk lebih optimal dan secara merata dalam memberikan pelayanan sosial kepada seluruh masyarakat.

"Pemerintah harus memprioritaskan pelayanan sosial dengan melakukan pembangunan yang merata, baik itu infrastruktur jalan, jembatan hingga jaringan listrik, karena masyarakat di daerah terpencil juga membutuhkan perhatian," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Anggota DPRD Kalteng itu pun mencontohkan wilayah pedalaman di provinsi ini masih banyak yang belum tersentuh pembangunan infrastruktur dasar, sehingga aksesibilitas masyarakat terhadap layanan publik menjadi terhambat. Kondisi tersebut, tentunya membuat masyarakat di daerah terpencil tertinggal dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Untuk itu, Sudarsono berharap agar pembangunan infrastruktur di daerah-daerah tersebut dapat dipercepat, sehingga tidak ada lagi wilayah yang terisolasi di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai/Bumi Pancasila ini.

"Fokus pemerintah seharusnya terbagi secara merata, bukan hanya di wilayah perkotaan tetapi juga di pelosok daerah. Karena memang kita perlu membangun dari daerah pinggiran yang kemudian ujungnya ada di pusat kota," ucapnya.

Politisi Partai Golkar ini meyakini dengan pemerataan pembangunan infrastruktur, aksesibilitas masyarakat di daerah terpencil akan meningkat, dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemerintah lebih serius penuhi kebutuhan masyarakat

Dia mengatakan, pemerintah harus mampu menciptakan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Kalimantan Tengah, sebab pembangunan yang merata merupakan kunci untuk mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata,.

"Masyarakat di daerah terpencil di Kalteng juga berhak mendapatkan akses yang sama terhadap layanan pendidikan, kesehatan, dan kesempatan kerja yang layak," ujarnya.

Da berharap agar pemerintah daerah dapat mengalokasikan anggaran secara proporsional untuk pembangunan di seluruh wilayah, tanpa terkecuali.

"Pemerintah harus memastikan bahwa pembangunan di daerah terpencil tidak terabaikan dan mendapatkan perhatian yang sama dengan wilayah perkotaan," demikian Sudarsono.

Baca juga: Legislator Kalteng ingatkan program pemda harus utamakan kepentingan masyarakat

Baca juga: Tomy Irawan Diran pimpin Fraksi PAN DPRD Kalteng

Baca juga: Masyarakat Kalteng diminta waspada terhadap provokasi selama masa pilkada

Baca juga: Prioritaskan pembangunan pariwisata tingkatkan daya saing daerah