Prioritaskan pembangunan pariwisata tingkatkan daya saing daerah

id dprd kalteng, okki maulana, pariwisata kalteng, kalimantan tengah, objek wisata unggulan

Prioritaskan pembangunan pariwisata tingkatkan daya saing daerah

Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Okki Maulana. (ANTARA/Rajib Rizali)

Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota DPRD Kalimantan Tengah Okki Maulana menekankan pentingnya bagi pemerintah daerah memprioritaskan pembangunan pada sektor pariwisata.
 
"Langkah ini saya kira bisa meningkatkan daya saing suatu daerah, baik di tingkat nasional maupun internasional sehingga Kalimantan Tengah menjadi salah satu pilihan utama untuk dikunjungi," katanya di Palangka Raya, Kamis.
 
Dia menjelaskan, di Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila ini memiliki ragam potensi pariwisata unggulan, salah satunya seperti objek wisata Sei Gohong yang beberapa waktu lalu masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia.
 
Menurutnya, dengan keseriusan pemerintah daerah dalam memprioritaskan pembangunan pada sektor pariwisata, hal tersebut dapat memajukan perekonomian daerah.
 
"Ketika perekonomian daerah sudah maju, kan dampaknya juga kembali ke masyarakat yang tentunya mereka menjadi lebih sejahtera," ucapnya.

Baca juga: Legislator Gumas apresiasi tokoh agama ikut berupaya sukseskan Pilkada 2024
 
Okki juga menilai, keterlibatan masyarakat juga memiliki peran yang sangat krusial dalam program peningkatan pembangunan pariwisata.
 
Hal ini dikarenakan, masyarakat tentunya lebih mengerti dan mengetahui apa saja yang diperlukan di daerahnya untuk membuat suatu objek wisata menjadi lebih baik.
 
"Karena kan masyarakat itulah yang sehari-harinya tinggal di dekat dengan objek wisata, tentunya masyarakat lebih mengetahui apa yang diperlukan di wilayah tersebut. Hal inilah yang perlu didengar oleh pemerintah," ujarnya.
 
Untuk itu, sinergi antara pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk terus dijaga, sehingga berbagai masukan yang disampaikan masyarakat dapat menjadi pertimbangan pemerintah daerah.
 
Dengan demikian, dirinya meyakini sektor pariwisata di Kalimantan Tengah dapat menjadi objek wisata pilihan bagi para wisatawan.
 
"Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di daerah ini, tentunya pariwisata kita bisa menjadi sektor unggulan untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah," demikian Okki.

Baca juga: Legislator Kotim minta pemkab rehab total SDN 2 Cempaka Mulia Timur

Baca juga: Marwan Susanto kembali menjabat Ketua definitif DPRD Katingan periode 2024-2029

Baca juga: Disdik Palangka Raya diminta gerak cepat atasi bangunan SMP Kristen yang terbakar