Legislator Palangka Raya imbau masyarakat waspadai dampak peralihan musim

id Legislator Palangka Raya imbau masyarakat waspadai dampak peralihan musim, kalteng, palangka raya, dprd Palangka Raya, kesehatan

Legislator Palangka Raya imbau masyarakat waspadai dampak peralihan musim

Anggota Komisi III DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi, usai menghadiri pelantikan unsur pimpinan definitif beberapa waktu lalu. ANTARA/Rajib Rizali

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi III DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hasan Busyairi meminta masyarakat menjaga kondisi tubuh untuk mewaspadai penyakit musiman di tengah musim peralihan dari musim pasan ke musim hujan.

"Akhir-akhir ini hujan mulai mengguyur Kota Palangka Raya. Kondisi yang semula panas terik matahari kemudian tiba-tiba hujan, rentan mengganggu kondisi tubuh dan memicu berbagai penyakit," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Untuk itu ia juga meminta Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya untuk segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait upaya-upaya untuk menjaga kondisi tubuh.

Hal ini dilakukan akibat masih banyak masyarakat yang justru abai dengan kondisi tubuh, padahal kesehatan telah menjadi modal utama bagi masyarakat untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. 

“Saya mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap perubahan cuaca yang dapat mempengaruhi kesehatan. Gunakan masker, konsumsi vitamin, dan pastikan imun tubuh tetap terjaga agar tidak mudah terserang penyakit,” ucapnya.

Baca juga: Pemerintah diminta perketat pengawasan UMKM di Palangka Raya

Terlebih, lanjut Hasan, berbagai penyakit sering muncul saat musim penghujan diare, flu, dan batuk hingga demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti.

Oleh karena itu, masyarakat diminta agar dapat menjaga kebersihan lingkungan serta memastikan makanan yang dikonsumsi benar-benar telah aman dan bersih.

"Dengan begitu, masyarakat bisa lebih siap menghadapi musim penghujan dan terhindar dari berbagai penyakit yang sering muncul pada masa tersebut," ujarnya. 

Politisi Partai Golkar ini juga meminta kepada seluruh puskesmas yang ada di daerah ini agar dapat memastikan ketersediaan obat-obatan.

Hal ini dilakukan agar ketika ada masyarakat yang terserang penyakit akibat musim peralihan ini, puskesmas dapat dengan sigap memberikan pengobatan sebelum penyakit warga kian parah.

"Mari kita bersama-sama saling bersinergi dalam melakukan antisipasi terhadap kondisi peralihan musim ini. Jangan sampai banyak warga kita yang mengalami sakit, apalagi kalau sampai harus dirujuk ke rumah sakit," demikian Hasan.

Baca juga: Komisi DPRD Kota Palangka Raya resmi terbentuk

Baca juga: Disdik Palangka Raya minta warga segera laporkan jika menemukan pungli

Baca juga: Tim dosen UMPR tingkatkan pengelolaan administrasi kependudukan warga