Pastikan TPBIS berjalan baik, Perpusnas tinjau Perpusdes Pulau Telo

id Pastikan TPBIS berjalan baik, Perpusnas tinjau Perpusdes Pulau Telo, kalteng, kapuas

Pastikan TPBIS berjalan baik, Perpusnas tinjau Perpusdes Pulau Telo

Jajaran Pemdes Pulau Telo, Kabupaten Kapuas, bersama Asesor Perpusnas Arizal, melakukan foto bersama usai kunjungan ke Perpusdes setempat, Jumat (25/10/2024). ANTARA/HO-Pemdes Pulau Telo.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, menerima kunjungan dari Asesor Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dalam rangka untuk memastikan bantuan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tahun 2024, berjalan dengan baik.

"Tujuannya datang melihat kondisi perpustakaan desa apakah bantuan buku dan rak buku sudah diserahkan, dan sekaligus proses Akreditasi perpustakaan desa," kata Kepala Desa Pulau Telo, Muhamad Iwu Iyansyah, di Kuala Kapuas, Jumat.

Selain itu, kunjungan ini bertujuan untuk memantau kesiapan dan memastikan kelancaran penerapan program TPBIS. Harapannya ini dapat meningkatkan peran perpustakaan dalam pemberdayaan masyarakat setempat.

TPBIS merupakan inisiatif Perpusnas yang dirancang untuk mengubah fungsi perpustakaan menjadi pusat kegiatan inklusif dan partisipatif, di mana masyarakat dapat mengakses berbagai informasi, keterampilan, serta pelatihan yang mendukung peningkatan kualitas hidup. 

Baca juga: Perpusnas turunkan tim ke Kapuas, nilai kualitas pengelolaan perpusdes

Dengan program ini, perpustakaan desa tidak hanya menjadi tempat membaca, tetapi juga sebagai pusat kegiatan yang mampu memperkuat ekonomi lokal, meningkatkan literasi digital, dan menyediakan berbagai layanan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut, asesor menilai kesiapan fasilitas, sumber daya manusia, serta program-program yang akan dikembangkan melalui bantuan TPBIS. Pemerintah Desa Pulau Telo menyambut baik kunjungan ini dan menyatakan komitmennya untuk mendukung implementasi TPBIS agar perpustakaan desa dapat menjadi wadah yang memberdayakan masyarakat.

"Diharapkan dengan adanya program ini, masyarakat Desa Pulau Telo dan sekitarnya semakin aktif memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran dan kegiatan sosial, sehingga tercipta masyarakat yang lebih mandiri, terampil, dan berdaya saing tinggi," demikian pria yang akrab disapa Iwu ini.

Sebelumnya kedatangan Asesor Perpusnas, Arizal, ke perpustakaan Desa Pulau Telo saat itu, didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, beserta jajaranya disambut langsung oleh Kades Pulau Telo Muhamad Iwu Iyansyah, beserta perangkatnya di desa setempat.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas tingkatkan pengelolaan perpustakaan sekolah

Baca juga: Puluhan pelaku usaha kecil menengah di Kapuas ikuti Bazar UMKM Halal

Baca juga: TP PKK Kapuas juara umum lomba masak serba ikan