Rute penerbangan Pangkalan Bun menuju IKN akan dibuka

id pemkab kobar, pangkalan bun, penerbangan ikn, ibu kota nusantara, kotawaringin barat, sekda rody iskandar

Rute penerbangan Pangkalan Bun menuju IKN akan dibuka

Sekda Kobar Rody Iskandar. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah menyampaikan rute penerbangan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dibuka.

"Pembukaan rute penerbangan tersebut secara teknis ada dua pola yang akan difasilitasi oleh provinsi," kata Sekda Kobar Rody Iskandar di Pangkalan Bun, Sabtu.
 
Pola ini akan mencakup penyesuaian harga yang lebih diterima oleh masyarakat, serta opsi subsidi yang mungkin diberikan oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota yang akan menikmati rute penerbangan ini.

Penerbangan rute ke IKN tersebut sebelumnya sempat disosialisasikan, namun tertunda karena masalah pasar, dan hal itu kembali dibahas oleh pemerintah.
 
Lebih lanjut Rody mengatakan, terdapat beberapa catatan penting, salah satunya yang menjadi perhatian adalah momentum yang kurang tepat saat sosialisasi serta pendeknya waktu persiapan yang dianggap kurang maksimal.
 
"Tentu ini menjadi bahan evaluasi ke depan, alhamdulillah semua kabupaten/kota yang akan menikmati rute penerbangan ini sepakat mendukung upaya sosialisasi serta mekanisme subsidi yang diusulkan," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Kobar fokus pada pemenuhan layanan dasar
 
Hal tersebut disampaikan usai dirinya menghadiri secara langsung rapat kordinasi membahas rekomendasi kebijakan transportasi udara untuk menghubungkan kota atau wilayah sekitar Ibu Kota Negara (IKN) belum lama ini.
 
"Rakor tersebut menghasilkan salah satu notulensi penting dengan tagline "Tahun Baru, Penerbangan Baru. Serta diharapkan hadirnya rute tersebut mempermudah aksesibilitas antarprovinsi dan mendukung pengembangan Ibu Kota Nusantara," jelasnya.
 
Rody menambahkan, sosialisasi mengenai pembukaan kembali rute penerbangan ini akan lebih masif dan direncanakan mulai awal tahun depan.
 
"Insya Allah, rute penerbangan ini akan mulai berjalan pada bulan Januari mendatang. Mohon doanya agar semua berjalan lancar," ungkapnya.
 
Lanjutnya, rute penerbangan ini nantinya akan menghubungkan beberapa kota utama di Kalimantan, seperti Pontianak, Pangkalan Bun, Sampit, Palangka Raya, Banjarmasin, dan Balikpapan
 
"Jalur Pangkalan Bun menuju Balikpapan menjadi titik utama yang memudahkan akses masyarakat yang ingin menuju IKN," demikian Rody Iskandar.

Baca juga: Polres Kobar perketat pengamanan jelang Pilkada 2024

Baca juga: DPUPR Kobar: Pengerjaan proyek fisik fokus atasi banjir dalam kota

Baca juga: Pemkab Kobar terus dorong peningkatan kinerja ASN