Pemkab Kobar terus dorong peningkatan kinerja ASN

id Pemkab Kobar terus dorong peningkatan kinerja ASN, kalteng,Kobar,Kotawaringin Barat

Pemkab Kobar terus dorong peningkatan kinerja ASN

Pelaksanaan Penyusunan Pohon Kinerja Rencana Strategis (Resntra) SOPD periodeĀ 2025-2029, Selasa (22/10/2024) ANTARA/Bappeda Litbang Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah melalui Penyusunan Pohon Kinerja Rencana Strategis (Renstra) Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) periode 2025-2029, terus berupaya meningkatkan kinerja aparatur sipil negara (ASN) di wilayah setempat.

"Penyusunan pohon kinerja ini merupakan bagian dari upaya sistematis Pemkab Kobar untuk memastikan bahwa program dan kegiatan SOPD selaras dengan visi pembangunan jangka menengah daerah," kata Kepala Bappeda Litbang Kobar Juni Gultom di Pangkalan Bun, Rabu.

Juni mengatakan, pohon kinerja merupakan fondasi penting dalam penyusunan Renstra SOPD. Dengan adanya kerangka tersebut, dipastikan setiap SOPD memiliki arah yang jelas dan terukur dalam mencapai target pembangunan yang sudah ditetapkan.

"Penyusunan pohon kinerja ini juga menjadi kesempatan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, serta tantangan yang dihadapi oleh setiap SOPD dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya," ucapnya.

Dia mengungkapkan,  hasil penyusunan pohon kinerja diharapkan mampu memperbaiki kelemahan yang ada dan mengoptimalkan kinerja ASN.

Baca juga: BKAD dan KPKNL Kobar lelang barang milik daerah

"Melalui penyusunan ini, kami berharap ada peningkatan efektivitas dan efisiensi kerja di semua tingkatan SOPD, sehingga target pembangunan dapat tercapai dengan lebih optimal," ungkapnya.

Lanjutnya, pentingnya kolaborasi antar SOPD dalam proses penyusunan renstra yang berdasarkan pada pohon kinerja ini.

"Kerja sama antar SOPD sangat krusial dalam mencapai target-target yang telah ditetapkan. Kita harus bersinergi untuk mencapai hasil yang optimal bagi masyarakat," disampaikannya.

Kegiatan penyusunan pohon kinerja tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 22-23 Oktober 2024 di Ballroom Hotel Mercure Pangkalan Bun.

Dengan mendatangkan tiga orang narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia, serta diikuti oleh Kepala Perangkat Daerah dengan didampingi satu sekretaris atau penjabat fungsional.

"Diharapkan melalui kegiatan tersebut Pemkab kobar dapat memperkuat perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," Demikian Juni Gultom.

Baca juga: Kesbangpol Kobar ajak pemuda kuatkan semangat membangun

Baca juga: Pemkab Kobar peringatkan pengusaha walet penunggak pajak

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar sebut santri turut berperan dalam pembangunan daerah