Penjabat Bupati Kobar sebut santri turut berperan dalam pembangunan daerah

id Penjabat Bupati Kobar sebut santri turut berperandalam pembangunan daerah, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, agama

Penjabat Bupati Kobar sebut santri turut berperan dalam pembangunan daerah

Penjabat Bupati Kobar saat memimpin upacara Peringatan Hari Santri 2024, Selasa (22/10/2024). ANTARA/Prokom Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa menyampaikan, bahwa santri juga memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh para pendahulu.

"Jika para pendahulu telah mewariskan nilai-nilai luhur untuk bangsa, maka santri masa kini bertanggung jawab untuk tidak sekadar menjaganya, melainkan juga berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik," kata Budi di Pangkalan Bun, Selasa.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Santri Tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Kotawaringin Barat. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di Kobar.

Dia mengatakan, peringatan hari santri tahun ini menyongsong tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”.

"Tema ini mengandung makna bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa," ucapnya.

Baca juga: Dinas PUPR Kobar optimalkan upaya antisipasi banjir

Budi mengungkapkan, peringatan Hari Santri bukan hanya milik kalangan santri dan pesantren semata, melainkan milik seluruh elemen bangsa.

"Hari Santri adalah milik semua golongan yang mencintai negara ini, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa, apapun latar belakangnya, untuk turut serta merayakan Hari Santri," ungkapnya.

Dia menambahkan, masa depan Indonesia berada di tangan generasi muda, termasuk para santri. Dirinya berharap peringatan Hari Santri tahun ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen bersama, terutama bagi para santri, dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa.

"Santri harus percaya diri karena santri bisa menjadi apa saja, kita punya presiden berlatar belakang santri, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dan wakil presiden berlatar belakang santri, KH. Ma’ruf Amin," demikian Budi Santosa.

Baca juga: Polres Kobar lakukan pengamanan logistik Pilkada 2024

Baca juga: Pemkab Kobar kaji tiru pengelolaan informasi publik ke Diskominfo Yogyakarta

Baca juga: Diskominfo Kobar tingkatkan pelayanan keterbukaan informasi publik