Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Riantoe mengajak seluruh pihak agar menyosialisasikan berbagai hal terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kalteng 2020, agar tingkat partisipasi masyarakat setempat meningkat.

“Secara khusus, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemilihan suara (PPS) saya harap gencar menyosialisasikan kepada masyarakat,” ucap Rianto di Kuala Kurun, Senin.

Politisi Partai Nasdem ini menyebut, keberadaan PPK di tingkat kecamatan dan PPS di tingkat kelurahan/desa hendaknya dimanfaatkan secara maksimal untuk menyosialisasikan hal-hal terkait Pilkada Kalteng 2020.

Baca juga: Kelompok Kerja Bunda PAUD Kabupaten Gumas dikukuhkan

Dengan demikian, lanjut legislator dari daerah pemilihan II yang mencakup Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini, tingkat partisipasi masyarakat Gumas dapat meningkat pada pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020.

“Saya pribadi berharap partisipasi masyarakat Gumas pada Pilkada Kalteng 2020 dapat mencapai 80 persen. Sayang jika hak suara itu tidak digunakan pada hari H nanti yakni pada 9 Desember 2020,” tutur Riantoe.

Legislator Gumas Polie L Mihing turut menyampaikan harapannya agar tingkat partisipasi masyarakat di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau pada Pilkada Kalteng 2020 dapat mencapai 80 persen, bahkan lebih.

Agar target tersebut dapat tercapai bahkan terlampaui, maka KPU diminta bekerja secara maksimal untuk menyosialisasikan hal-hal terkait pilkada, sehingga masyarakat dengan penuh kesadaran menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: Dua desa di Gumas belum melakukan penyaluran BLT DD

“Kandidat beserta tim juga harus bekerja sama secara maksimal, meyakinkan masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan datang ke tempat pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang,” tuturnya.

Menurut dia, dua pasangan calon peserta Pilkada Kalteng 2020 ini merupakan putra terbaik Kalteng. Masyarakat hendaknya menggunakan hak pilihnya, memilih salah satu dari paslon tersebut.

Untuk diketahui, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum Serentak 2019 Gumas berhasil melampaui target nasional. Tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan presiden dan wakil presiden mencapai 79,74 persen, sedangkan tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan DPR RI mencapai 78,87 persen.

Baca juga: ASN diminta tetap disiplin terapkan protokol kesehatan saat cuti bersama

Untuk tingkat partisipasi pada Pemilihan DPD RI mencapai 78,87 persen, tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan DPRD provinsi mencapai 78,67 persen, dan tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan DPRD kabupaten mencapai 78,62 persen.

KPU Gumas telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap Pilkada Kalteng 2020 di kabupaten itu, yakni sebanyak 78.225 pemilih, dengan rincian 41.116 pemilih laki-laki dan 37.109 pemilih perempuan.

Disamping itu, KPU Gumas juga telah mengukuhkan 25 orang menjadi relasi pada pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020, untuk melakukan aktivitas yang mendukung kegiatan sosialisasi dalam penyelenggaraan Pilkada Kalteng 2020, secara sukarela dalam pemilihan.

Relasi diharap dapat menumbuhkan kesadaran yang positif bagi masyarakat Gumas terhadap pentingnya Pilkada Kalteng 2020 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: 8.148 KPM di Gumas telah menerima BLT DD

Baca juga: Legislator Gumas dorong desa segera lakukan pencairan DD dan ADD

Baca juga: Distransnakerkop dan UKM Gumas siap fasilitasi pembentukan koperasi

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024