Ketua DPRD Gumas berharap kontingen harumkan nama daerah di FBIM

id Ketua DPRD Gumas berharap kontingen harumkan nama daerah di FBIM, kalteng, gumas, Gunung mas, Festival Budaya isen mulang

Ketua DPRD Gumas berharap kontingen harumkan nama daerah di FBIM

Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar (kanan) berfoto bersama salah satu kontingen FBIM di Kuala Kurun, Jumat (17/5/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Akerman Sahidar berharap kontingen kabupaten setempat mampu mengharumkan nama daerah di ajang Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang diselenggarakan di Kota Palangka Raya, 18-23 Mei 2024.

“Saya harap kontingen Gumas bisa mengharumkan nama daerah dengan meraih medali di setiap cabang mata lomba yang diikuti. Syukur-syukur bisa meraih medali emas,” ucap Akerman di Kuala Kurun, Jumat.

Selain itu, politisi PDI Perjuangan ini juga meminta kepada kontingen Gumas agar mengharumkan nama daerah, dengan cara menjunjung tinggi sportivitas saat mengikuti setiap cabang mata lomba.

Kontingen Gumas harus selalu bersaing secara sehat, karena kemenangan tidak akan berarti apa-apa jika diraih dengan cara-cara yang tidak sportif. Sebaliknya, justru malah nama daerah malah akan tercoreng.

Lebih lanjut, wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini juga mengingatkan kontingen agar selalu menjaga kesehatan.

“Jaga kesehatan supaya kondisi benar-benar siap saat berlomba. Jangan sampai sakit dan malah tidak bisa bersaing saat lomba,” kata pria kelahiran Kelurahan Rabambang Kecamatan Rungan Barat ini.

Baca juga: Gunung Mas ikuti delapan lomba pada FBIM 2024

Sebelumnya, Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing mengatakan kabupaten setempat mengirimkan kontingen yang berjumlah 84 orang, untuk mengikuti FBIM di Palangka Raya, 18-23 Mei 2024.

Kontingen Gumas akan mengikuti delapan cabang mata lomba pada ajang FBIM 2024. Delapan cabang mata lomba yang dimaksud antara lain karnaval budaya, tari daerah, karungut kategori putra dan putri, jukung tradisional putra dan putri.

Cabang mata lomba lainnya yang diikuti oleh kontingen kabupaten bermoto 'Habangkalan Penyang Karuhei Tatau' adalah habayang putra dan putri, lawang sakepeng putra dan putri, serta lomba pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Kalteng.

Kontingen Gumas memang tidak mengikuti seluruh cabang mata lomba yang dipertandingkan pada ajang FBIM 2024. Namun delapan cabang mata lomba yang diikuti tadi merupakan cabang yang potensial dan diyakini dapat meraih medali.

“Harapan saya setidaknya kontingen Gumas bisa mendapat medali di tujuh cabang mata lomba dari delapan cabang mata lomba yang diikuti,” demikian Efrensia.

Baca juga: Ketua DPRD Gunung Mas ingatkan PPK agar menjaga integritas

Baca juga: Siltap perangkat desa dan tunjangan BPD di Gumas naik

Baca juga: Sekda Gumas ingatkan PPK berpegang pada asas luber jurdil