Palangka Raya (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin mengharapkan agar cendekiawan-cendekiawan Bakumpai terus memacu diri serta meningkatkan kontribusinya dalam pelaksanaan pembangunan baik untuk daerah maupun secara nasional.
 
"Kita berharap dengan diberikannya penghargaan kepada para profesor dari Suku Bakumpai ini, mereka terus berkontribusi dalam pembangunan di Kalimantan Tengah, bagaimana ilmu-ilmu mereka yang selama ini sudah diterapkan di dunia pendidikan kemudian juga diaplikasikan dalam kehidupan di tengah masyarakat," katanya di Palangka Raya, Kamis.
 
Hal itu ia sampaikan di sela kegiatan silaturahmi tokoh cendekiawan Bakumpai dan Seminar Nasional Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Kalimantan Tengah yang mengusung tema "Sistem Kekerabatan dan Sistem Sosial Bakumpai". 
 
Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penganugerahan profesor Bakumpai yang diberikan kepada tokoh Bakumpai yang berhasi maupun memiliki sumbangsih terhadap kemajuan Suku Bakumpai yang tersebar, baik di wilayah Kalimantan maupun nasional.
 
"Kiranya, hal tersebut dapat menjadi sebuah motivasi bagi kita, bagi seluruh tokoh Bakumpai untuk bersatu padu dalam melestarikan nilai-nilai budaya luhur masyarakat Bakumpai, baik tentang kehidupan, kearifan, dan kebijakan masyarakat Bakumpai," tegasnya.

Baca juga: Wagub sebut pembangunan makodam melengkapi Kalimantan Tengah
 
Lebih lanjut Nuryakin mengatakan, tema yang diusung dalam kegiatan ini menggambarkan bagaimana upaya pelestarian dari nilai historis hubungan kekerabatan dan sistem sosial Bakumpai. 
 
"Dimana peranan kita diharapkan dapat menjaga dan turut melestarikan nilai-nilai yang sudah ada dalam masyarakat Bakumpai, utamanya nilai kekeluargaan yang berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga dapat menjadi tuntunan bagi generasi penerus nilai-nilai kebudayaan Bakumpai," tuturnya.
 
Kemudian Sekda Kalimantan Tengah ini mengatakan, menjadi harapan bersama, kegiatan ini bermanfaat bagi warga Bakumpai di Kalimantan Tengah dalam meningkatkan kebersamaan dan kekompakan, sehingga semakin solid melalui perannya dalam membantu pembangunan.
 
Dengan terlaksananya kegiatan ini juga, diharapkan tali silaturahmi antar tokoh dan pengurus terus terjalin, sehingga program kerja yang dilaksanakan ke depan dapat berjalan dengan sukses. 
 
"Tentunya, program-program yang sejalan dan bertujuan mendukung Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.
Saya yakin, dengan kolaborasi yang terjalin bersama antara pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait seperti halnya keluarga besar Bakumpai dapat diimplementasikan dalam mewujudkan pembangunan di berbagai bidang," jelasnya.

Baca juga: Kalimantan Tengah raih Predikat Informatif Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Baca juga: Gubernur Kalimantan Tengah gratiskan 3.700 paket sembako pada pasar penyeimbang

Baca juga: Sekda Kalteng serukan ASN terus aktualisasikan sikap bela negara

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024