Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Halikinnor menyebut Turnamen Bupati Cup Mentaya Hilir Utara (MHU) 2024 sebagai ajang untuk mempererat kebersamaan dan meningkatkan semangat olahraga antarkecamatan maupun desa/kelurahan.

“Ini adalah kali pertama Turnamen Bupati Cup digelar di Kecamatan MHU dalam rangka menjalin silaturahim dan kebersamaan antarkecamatan maupun antardesa. Disamping meningkatkan kebugaran dengan berolahraga,” kata Halikinnor di Desa Bagendang Hulu, Minggu.

Halikinnor membuka Turnamen Bupati Cup MHU 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Bola Raja Bungsu, Desa Bagendang Hulu, Kecamatan MHU. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua I DPRD Kotim Rudianur, Kepala Dispora Wiyono, Kepala Dinas SDABMBKPRKP serta unsur kecamatan setempat.

Halikinnor menuturkan, disamping untuk meningkatkan kebersamaan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam memasyarakatkan olahraga serta meningkatkan kebugaran masyarakat. 

Berdasarkan hasil Laporan Nasional Sport Development Index (SDI) 2021 yang dilakukan Kemenpora tingkat kebugaran masyarakat Indonesia tergolong sangat rendah. Tak terkecuali di Kotim.

Dari jumlah penduduk Indonesia kala itu, masyarakat yang masuk kategori tidak bugar mencapai 76 persen, sedangkan kategori sangat tidak bugar mencapai 53,63 persen dan hanya 5,86 persen masyarakat yang memiliki kondisi yang sangat bugar atau prima, sehingga perlu upaya-upaya untuk meningkatkan kebugaran masyarakat.

“Kita berharap dengan seringnya kegiatan seperti ini bisa meningkatkan dan menjaga kebugaran masyarakat, terutama anak-anak kita. Karena normalnya orang yang berolahraga maka tubuhnya pasti lebih sehat dibanding yang tidak,” ujarnya.

Melalui turnamen ini pemerintah daerah juga berharap bisa menjaring cikal bakal atlet potensial di Kotim yang bisa dibina dan dikembangkan, sehingga kelak dapat membawa harum nama daerah ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga: BKSDA Sampit buru buaya yang masuk kawasan permukiman

Tak lupa orang nomor satu di Kotim ini mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah melakukan persiapan dengan baik, sehingga Turnamen Bupati Cup MHU 2024 berjalan lancar dan diharapkan hal ini bertahan hingga akhir kegiatan.

Sementara itu, Camat MHU Muslih mengaku bangga karena dari sejumlah kecamatan di wilayah selatan justru kecamatannya dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Turnamen Bupati Cup MHU 2024.

“Turnamen Bupati Cup MHU 2024 ini menjadi sejarah baru bagi kecamatan kami. Kami ditunjuk langsung oleh bupati sebagai penyelenggara turnamen ini dan beliau juga menyumbangkan hadiah hingga Rp32 juta,” bebernya.

Muslih menyampaikan, sebenarnya di Kecamatan MHU memiliki agenda pertandingan sepak bola setiap tahun kemudian bupati menginstruksikan agar kegiatan tersebut dikemas sebagai Turnamen Bupati Cup MHU yang tentunya menambah kemeriahan acara dan semangat masyarakat, khususnya para atlet yang bertanding.

“Mudah-mudahan acara ini bisa berjalan lancar dan sukses sampai hari terakhir, serta tahun depan bisa lebih baik lagi,” demikian Muslih.

Turnamen Bupati Cup MHU 2024 dengan tema My Game is Fair Play ini berlangsung dari 23 Juni hingga 17 Juli 2024. Awalnya ada 32 tim yang mendaftar, namun karena suatu kendala hingga hari pembukaan hanya 28 tim yang dikonfirmasi bisa mengikuti pertandingan.

Peserta pertandingan adalah semua kecamatan di wilayah utara dan beberapa kecamatan di wilayah tengah, serta perwakilan desa di wilayah selatan. Selain aparatur pemerintah kegiatan juga diikuti oleh kalangan pelajar dan perusahaan besar swasta.

Hari pembukaan turnamen diisi dengan pertandingan eksibisi antara Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kotim dan Asosiasi Camat Kotim (ACK) yang dimenangkan Apdesi dengan skor 2:1. Dilanjutkan dengan pertandingan antar pelajar.

Baca juga: Bupati Kotim: Jalan Perum Betang Raya ditingkatkan tahun ini

Baca juga: Pemkab Kotim upayakan perbaikan Jembatan Sapihan

Baca juga: Bupati Kotim optimistis MTQ ke-55 dilaksanakan tepat waktu


Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024