Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah Agustiar Sabran, menyerukan sekaligus mengajak kepada para tokoh agama, adat dan pemuda di Kabupaten Kapuas, agar bersama-sama menjaga situasi yang kondusif menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024.

Seruan dan ajakan itu disampaikan Agustiar Sabran yang juga bakal calon Gubernur Kalteng pada saat menghadiri ramah tamah dengan sejumlah tokoh agama, adat, organisasi masyarakat dan pemuda se-Kabupaten Kapuas di Kuala Kapuas, Sabtu.

"Ini dalam rangka memastikan proses pemilihan berlangsung aman, damai, dan tertib, serta menghindari potensi konflik yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat," tambahnya.

Mantan Anggota DPR RI periode 2019-2024 itu juga menekankan pentingnya peran tokoh masyarakat dalam menjaga kerukunan dan persatuan di tengah berbagai perbedaan yang ada. Sebab menurut dirinya, peran aktif dari tokoh agama, adat, dan pemuda sangat diperlukan untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keharmonisan sosial, terutama di masa-masa krusial menjelang pesta demokrasi.

Dia juga mengingatkan agar semua pihak tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah, serta tetap menjaga sikap saling menghormati dan toleransi antar kelompok.

"Semua pihak harus menahan diri dan mengutamakan kepentingan bersama demi kedamaian dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: Bapaslon Agustiar-Edy Pratowo serap aspirasi masyarakat Kobar

Selain itu, Agustiar Sabran juga berharap agar aparat keamanan dan pemerintah daerah dapat bersinergi dengan masyarakat untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman selama proses Pilkada.

Tak lupa, dirinya menekankan bahwa Pilkada serentak adalah momentum penting bagi masyarakat untuk memilih pemimpin yang akan membawa perubahan positif bagi daerah, sehingga proses tersebut harus dilalui dengan penuh kedewasaan dan tanggung jawab.

"Dengan ajakan ini, diharapkan Kabupaten Kapuas dapat menjadi contoh daerah yang mampu melaksanakan Pilkada dengan damai, tanpa konflik, dan tetap menjaga persatuan serta keharmonisan masyarakat," demikian Agustiar Sabran.

Baca juga: Blusukan ke Pasar Keramat, Agustiar pantau stabilitas harga

Baca juga: Agustiar Sabran siap bawa Kalteng semakin maju dan bermartabat

Baca juga: Agustiar janji beri bonus ke atlet peraih medali di PON Aceh-Sumut 2024

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024