Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Maryani Sabran mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar lebih mengutamakan kepentingan masyarakat dalam setiap program-program yang dilaksanakan.

Membuat dan merancang program yang bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat sudah menjadi keharusan bagi pemerintah, kata Maryani di Palangka Raya, Jumat.

""tentunya program pemerintah, baik itu pembangunan berasal dari pajak yang notabene nya merupakan urang rakyat," tambahnya.

Dikatakan, saat ini pemerintah daerah harus benar-benar merumuskan program-program yang dapat mewujudkan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok daerah sehingga semua lapisan masyarakat merasakan manfaat dari pembangunan yang dilakukan.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini mencontohkan, seperti peningkatan kualitas pendidikan dan dukungan terhadap sektor pertanian yang vital bagi perekonomian daerah, sebab kedua sektor ini dianggap vital bagi perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Peningkatan kualitas pendidikan akan melahirkan generasi muda yang cerdas dan terampil, siap untuk membangun daerah. Sementara dukungan terhadap sektor pertanian akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petani, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi perekonomian daerah," ucapnya.

Maryani berharap pemerintah daerah segera mengambil langkah-langkah konkret untuk memastikan bahwa kebutuhan dan kepentingan masyarakat menjadi prioritas utama dalam setiap kebijakan yang diambil.

Untuk itu, pemerintah daerah harus benar-benar mendengar aspirasi masyarakat dan melibatkan mereka dalam proses perencanaan dan pelaksanaan program.

Baca juga: Tomy Irawan Diran pimpin Fraksi PAN DPRD Kalteng

"Dengan demikian, kami meyakini segala program-program yang dihasilkan pemerintah daerah akan lebih tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengingatkan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran dan pelaksanaan program. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan memastikan bahwa dana yang berasal dari rakyat digunakan secara tepat dan bertanggung jawab.

"Masyarakat berhak mengetahui bagaimana anggaran negara digunakan dan bagaimana program-program pemerintah dijalankan. Transparansi dan akuntabilitas akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan mendorong partisipasi aktif mereka dalam pembangunan," demikian Maryani.

Baca juga: Masyarakat Kalteng diminta waspada terhadap provokasi selama masa pilkada

Baca juga: Prioritaskan pembangunan pariwisata tingkatkan daya saing daerah

Baca juga: Generasi muda Kalteng diminta lebih proaktif lestarikan budaya

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024