Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, mengharapkan pengelolaan Pelabuhan Telang Baru di Desa Telang Baru, Kecamatan Paju Epat, bisa dan dapat lebih dioptimalkan untuk mendukung perekonomian daerah.

"Pengembangan pelabuhan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan perekonomian di Kabupaten Barito Timur. Akan ada banyak manfaat dari pengelolaan pelabuhan,” kata Indra Gunawan saat dihubungi dari Tamiang Layang, Senin.

Indra mengharapkan agar progres dalam administrasi pengelolaan pelabuhan dapat terus digenjot dengan maksimal. Dengan begitu kerja sama pengelolaan pelabuhan dan optimalisasi aset daerah dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, Indra berharap dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) teknis terkait bisa terus memberikan dukungan penuh agar pengembangan Pelabuhan Telang Baru mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan memperkuat ekonomi lokal.

Baca juga: Imigrasi Palangka Raya laksanakan operasi jagatara III di Bartim

"Kami berharapkan OPD teknis lebih aktif dalam mengawal kerja sama ini, sehingga potensi ekonomi di Bartim dapat dimaksimalkan,” kata Indra.

Menurut Indra, potensi dari kerja sama pengelolaan pelabuhan ini antara lain adalah memacu pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, meningkatkan moda transportasi melalui jalur sungai, serta mengoptimalkan aset daerah.

Semua ini diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan PAD Barito Timur.

Peningkatan status dermaga menjadi pelabuhan umum akan membuka peluang ekonomi yang lebih besar bagi Kabupaten Barito Timur. Selain itu, sebagai pusat logistik yang dapat meningkatkan aktivitas ekonomi serta daya tarik investasi di Kabupaten Barito Timur.

Optimalisasi pengelolaan pelabuhan tersebut tentu juga menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca juga: Bawaslu Bartim siap tindak tegas pelanggaran netralitas di Pilkada 2024

Baca juga: Bawaslu Bartim bentuk kelompok kerja awasi isu negatif jelang pilkada

Baca juga: Pemkab Bartim gelar forum kemitraan untuk tingkatkan pelayanan kesehatan BPJS


Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024