Dinas Koperasi Barut Tingkatkan Kualitas SDM

id Dinas Koperasi Barut Tingkatkan Kualitas SDM, Penjual pernak pernik, ICE, Indonesia City Expo 2013

Dinas Koperasi Barut Tingkatkan Kualitas SDM

Ilustrasi, (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Muara Teweh, 11/5 (ANTARA) - Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar pelatihan peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi aparatur bidang perkoperasian di daerah setempat.

"Pengurus dan pengawas koperasi masih memerlukan tambahan pengetahuan mengenai perkoperasian, apalagi dikaitkan dengan peraturan perundangan koperasi itu sendiri," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Barito Utara (Barut), Ledianto di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut Ledianto, selama ini baik pengurus dan pengawas koperasi masih lemah SDM, sehingga kegiatan yang menyangkut bidang perkoperasian belum mencapai standar, yaitu yang disebut koperasi sehat dan koperasi berprestasi, termasuk para pembina.

Semua ini dilakukan karena ada niat yang dilatarbelakangi dengan semangat dan motivasi, koperasi di Barito Utara akan lebih maju. Dengan semangat ingin mempercepat pemberdayaan koperasi dan UKM itulah koperasi di Barut akan lebih maju dan berkembang masa mendatang.

"Melalui pelatihan ini diharapkan para aparatur yang membidangi perkoperasian dapat menerima pengetahuan dan mempraktikan sehingga meningkatkan kinerja mereka dalam usaha ke depan," katanya.

Ledianto mengatakan, pihaknya juga sebelumnya menggelar pelatihan pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif UKM di sejumlah kecamatan di daerah tersebut.

Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari dan menciptakan peluang pekerjaan.

Seorang wirausaha mempunyai ciri-ciri khusus yang mampu melihat kesempatan dan menumbuhkan gagasan orisinil yang dimanfaatkan secara baik, mampu mendapatkan informasi dan memanfaatkannya untuk kemajuan perusahaan atau koperasi.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan usaha baru yang dapat berkembang dan meningkatnya perekonomian daerah ini di masa mendatang," katanya.




(T.K009/C/S019/S019)

Pewarta :
Editor : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar