Kementerian Agama Barut Gelar Pelatihan Hisab Rukyat

id Kementerian Agama Barut Gelar Pelatihan Hisab Rukyat, hilal

Kementerian Agama Barut Gelar Pelatihan Hisab Rukyat

Rukyatul Hilal,(ANTARA/SAIFUL BAHRI) Istimewa

Namun jangan dipersoalkan atau dibesar-besarkan karena awal puasa kita tetap mengacu kepada keputusan atau pengumuman resmi dari pemerintah melalui Kementrian Agama,"
Muara Teweh, 7/7 (Antara) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar pelatihan tenaga teknis hisab rukyat yang diikuti puluhan peserta dari pengurus mushalla dan masjid di daerah tersebut.

"Pelatihan ini sangat diperlukan bagi petugas hisab rukyat itu dalam menghadapai bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Utara (Barut), Tuaini Ismail di Muara Teweh, Minggu.

Kegiatan ini bukan berarti mendahului pemerintah, tapi untuk berbagi ilmu pengetahuan tentang hisab rukyat yang sebentar lagi memasuki bulan puasa seperti disebutkan dalam hadist "berpuasalah kamu bila kamu melihat bulan dan berbukalah bila kamu melihat bulan".

"Maksudnya memulai awal puasa ketika melihat hilal (bulan) adalah awalnya puasa yang dilaksanakan melalui sidang istbat dengan saksi-saksi yang disumpah, kemudian menjelang hari raya Idhul Fitri juga dilakukan hal serupa," katanya.

Tuaini mengatakan, perkembangan ilmu pengetahuan masa kini, penentuan hisab rukyat banyak metode yang digunakan, namun yang terpenting adalah tidak lebih dari 30 hari. Jadi yang ingin berpuasa pada 9 Juli 2013 diperbolehkan atau pada 10 Juli 2013 juga boleh.

"Namun jangan dipersoalkan atau dibesar-besarkan karena awal puasa kita tetap mengacu kepada keputusan atau pengumuman resmi dari pemerintah melalui Kementrian Agama," ujarnya.

Dia mangatakan, pelatihan ini perlu praktek lapangan sehingga peserta memahami teknis pengecekan arah kiblat yang sebenarnya untuk masjid, langgar atau mushalla mengingat ilmu pengetahuan tersebut mulai langka dan perlu disebarluaskan.

"Kita berharap, pelatihan ini dapat memuncu para ilmuan fikih menuntun umat Islam, dan sekaligus bisa menjawab tantangan ke depan terkait pertanyaan generasi muda soal kiblat, waktu shalat, hilal dan hisab rukyat," katanya.

Selain pelatihan hisab rukyat, Kantor Kementerian Agama Barut juga melakukan penyuluhan Agama Islam fungsional dan guru-guru Agama Islam di kabupaten tersebut.




(T.K009/B/S019/S019)