Polda Dan Universitas Bersinergi Jaga Ketenteraman Kalteng

id Bambang Hermanu, Suriansyah Murhaini, Achmad Diran, Polda Dan Universitas Bersinergi Jaga Ketenteraman Kalteng

Polda Dan Universitas Bersinergi Jaga Ketenteraman Kalteng

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Achmad Diran (FOTO ANTARA Kalteng/Jaya)

...Sekarang ini harus bersama-sama, bukan melimpahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah dan Universitas PGRI Palangka Raya melakukan nota kesepakatan sebagai bentuk sinergisitas mengantisipasi konflik serta menjaga ketentraman di provinsi ini.

Adanya nota kesepakatan ini semakin membuat Pemerintah Provinsi yakin bahwa berbagai konflik yang mungkin terjadi dapat segera diantisipasi, kata Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran saat membuka seminar Nasional bertema Potensi Ancaman dan Ketertiban Kalteng, di Palangka Raya, Kamis.

"Apapun alasannya, sinergisitas dari berbagai pihak dalam menjaga ketentraman suatu daerah mutlak di butuhkan. Sekarang ini harus bersama-sama, bukan melimpahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian," tambah dia.

Seminar nasional yang juga diisi nota kesepakatan Polda Kalteng dan PGRI Palangka Raya. Di mana nota kesepakatan tersebut juga menyebutkan bahwa anggota Polda Kalteng dapat menempuh pendidikan di PGRI Palangka Raya.

Diran mengatakan nota kesepakatan yang telah dilakukan dua lembaga ini harapannya membuat personil Polda Kalteng menyelesaikan permasalahan konflik ataupun keamanan di provinsi ini semakin konfrehensif dan bersifat permanen.

"Sekarang ini kinerja Polda Kalteng sudah sangat baik, dan harapannya lebih baik lagi dikemudian hari. Adanya nota kesepakatan ini, tentunya juga untuk meningkatkan kinerja personil Polda Kalteng," kata Diran.

Kapolda Kalteng Brigjend Bambang Hermanu mengatakan, sumber daya manusia (SDM) polisi haruslah ditingkatkan terlebih dahulu, agar sikap dan tindakannya dapat lebih berpendidikan.

Nota kesepakatan langsung dengan Rektor PGRI Palangka Raya Suriansyah Murhaini, tentunya tidak sekedar bersinergi namun meningkatkan kemampuan serta kualitas wawasan maupun karakter dari personil polisi Polda Kalteng.

"Kalau sikapnya sudah bagus, cerdas dan berpendidikan, saya yakin masyarakat akan kembali respek kepada polisi. Bekerjasama dengan Universitas PGRI Palangka Raya dalam hal peningkatan kualitas pendidikan," demikian Bambang.


(T.KR-JWM/B/S019/S019)