Aktor Bill Murray Akan Dianugerahi Mark Twain Prize

id Aktor Bill Murray, Akan Dianugerahi Mark Twain Prize, John F. Kennedy

Aktor Bill Murray Akan Dianugerahi Mark Twain Prize

Bill Murray (Reuters)

Jakarta (Antara Kalteng) - Aktor dan komedian Bill Murray terpilih sebagai penerima penghargaan tahunan ke-19 Mark Twain Prize dari John F. Kennedy Center for the Performing Arts.

Bintang "Groundhog Day" dan "Rushmore" ini akan diberi penghargaan yang namanya diambil dari novelis dan satiris terkemuka AS abad 19 pada 23 Oktober, kata Kennedy Center, Senin waktu setempat.

"Seorang penulis pemenang penghargaan, aktor dan komedian, kejenakaan yang brilian dan semangat yang menular terus menginspirasi tawa kami menembus generasi, baik itu di layar maupun balik layar," kata Deborah Rutter, pimpinan Kennedy Center.

Murray (65) adalah salah satu bintang terkemuka jebolan "Saturday Night Live" yang tayang di NBC.

Dia tampil pada acara komedi televisi 1977 hingga 1980 dan mengasah kemampuannya dalam memerankan tokoh penuh kepura-puraan namun jenaka itu.

Dia berperan sebagai penjaga dungu di "Caddyshack," lalu penyelidik paranormal dalam "Ghostbusters" dan mafia pada "Mad Dog and Glory."

Murray pernah dinominasikan sebagai pemeran utama pria terbaik Oscar untuk aktingnya sebagai bintang film dalam "Lost in Translation." Ia telah memenangi dua penghargaan Emmy.


Penerjemah: Nanien Yuniar